Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Calo untuk Hindari Wamil, Ravi VIXX Ungkap Alasannya

Kompas.com - 11/04/2023, 14:36 WIB
Melvina Tionardus,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

Sumber Koreaboo

KOMPAS.com - Idol Kpop Ravi VIXX menjalani sidang tuntutan kasus menggunakan jasa calo untuk menghindari tugas wajib militer (wamil) di Pengadilan Distrik Seoul Selatan, Selasa (11/4/2023).

Ravi mengungkapkan alasannya menghindari wamil dengan alasan dia adalah satu-satunya artis di labelnya yang menghasilkan pendapatan.

Serta masa pandemi Covid-19 membuat labelnya masuk dalam masa sulit.

Baca juga: Ravi VIXX Dituntut 2 Tahun Penjara atas Kasus Calo untuk Wamil

"Saat itu, saya adalah satu-satunya artis yang menghasilkan pendapatan (untuk label) dan kami terancam harus membayar biaya besar karena melanggar kontrak akibat Covid-19," ujar Ravi VIXX, dikutip dari Koreaboo.

"Saya meminta maaf kepada mereka yang setia menjalani wajib militer dan pasien epilepsi dan keluarga mereka yang terluka oleh saya," lanjutnya.

Ravi bersama VIXX berada di bawah naungan agensi Jellyfish Entertainment.

Namun, pada tahun 2019 ia mendirikan label hip hop GROOVL1N.

Jaksa menuntut Ravi dengan hukuman dua tahun penjara.

Ravi diketahui memalsukan riwayat medisnya untuk menyatakan bahwa dia menderita epilepsi dengan tujuan menghindari dinas militer.

"Fakta bahwa mereka berkolusi dengan calon ilegal menunjukkan betapa menyedihkannya kejahatan itu. Mereka mengakui kejahatan sekarang, tetapi pada saat penyelidikan, mereka memberikan alasan dan menyangkal tuduhan sebelum kami mengajukan bukti kuat," ucap jaksa.

Bersama Ravi ada pula rekan satu labelnya Nafla, dan co-CEO label GROOVL1N yang disebut sebagai A, yang juga menjalani sidang kasus yang sama.

A juga dituntut dua tahun penjara, sementara dua tahun enam bulan untuk Nafla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com