Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Akhir Alice in Borderland Season 2

Kompas.com - 28/12/2022, 14:21 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber Collider

KOMPAS.com- Berbeda dengan Alice in Borderlan Musim 1 yang hampir tidak ada informasi tentang pembuat game Borderland itu sendiri, dan apa sebenarnya aturannya, Musim 2 akhirnya membantu memahami apa yang sebenarnya terjadi di seri Jepang.

Walaupun banyak pertanyaan dari season pertama sudah terjawab, tapi penulis serial dan sutradara Shinsuke Sato seolah tak ingin membocorkan seluruhnya.

Mungkin akan ada musim ketiga, tapi sejauh ini berikut penjelasan dari Alice in Borderland musim kedua bagi yang sudah menonton.

Akhir atau bukan?

Di Episode 8, Arisu dan Usagi akhirnya berhasil mencapai "boss" terakhir (atau "citizen") Borderland: The Queen of Hearts, Mira Kano (Riisa Naka) Musim 1.

Baca juga: Daftar Pemeran Alice in Borderland Season 2

Dia menyarankan bahwa, tidak seperti semua game sebelumnya, tidak perlu membunuh siapa pun, dan mereka hanya perlu mencapai akhir permainan Croquet untuk bertahan hidup – dan mereka bahkan tidak perlu memenangkannya.

Saat Arisu dan Usagi menekan Mira untuk menjelaskan kepada mereka apa yang sebenarnya terjadi, mereka berhasil melepaskan diri dari ilusinya dan menyelesaikan permainan croquet.

Sebelum dibunuh oleh laser, sang Ratu mengungkapkan bahwa Arisu "akan segera mengetahui" apa permainan itu.

Dia menambahkan bahwa Arisu (Kento Yamazaki) akan diberikan dua pilihan dan tidak peduli apa yang dia pilih, jawabannya akan diberikan.

Apa itu Borderland?

Penafsiran pertama dan lebih jelas adalah bahwa Borderland semacam pengalaman mendekati kematian atau bahkan mungkin neraka.

Orang-orang yang dikirim ke sana adalah orang-orang yang sampai batas tertentu, tidak bahagia dengan kehidupan dan tidak memiliki hubungan yang berarti untuk terus berjalan.

Dan mereka semua, atau kebanyakan dari mereka, berakhir di alam baka karena sebuah meteorit meledak di pusat kota Tokyo dan membunuh mereka semua.

Ini berarti bahwa Borderland dan pengalaman mengerikan karena harus benar-benar berjuang untuk bertahan hidup berfungsi sebagai peringatan bagi mereka untuk lebih menghargai hidup.

Baca juga: Alice in Borderland Season 2 Mulai Tayang, Ini yang Perlu Diingat dari Season 1

Saat mereka dikirim kembali ke dunia "nyata", mereka semua selamat dari bencana tanpa mengingat apa yang terjadi di Borderland.

Kiasan "mereka sudah mati sepanjang waktu" (atau setengah mati) telah dilebih-lebihkan, tentu saja, tetapi itu adalah satu pesan yang pada akhirnya dikirim oleh banyak film dan serial TV.

Cara Musim 2 berakhir memberikan penutupan untuk sebagian besar karakter dan mengakhiri kisah arc warga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com