Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Puluhan Gitaris Kumpulkan Donasi Rp 4,6 Miliar untuk Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 08/12/2022, 14:44 WIB
Kristianto Purnomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Konser amal Gitaris Untuk Negeri telah berlangsung di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022) malam.

Puluhan musisi dan gitaris yang tergabung dalam gerakan Gitaris Untuk Negeri menggelar konser amal untuk membantu korban gempa Cianjur.

Sekitar pukul 23.30 WIB diumumkan bahwa dana yang sudah terkumpul dalam acara tersebut sebesar Rp 4,6 miliar dan masih bisa bertambah.

Gitaris Denny Chasmala tampil dalam acara Gitaris untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Gitaris Denny Chasmala tampil dalam acara Gitaris untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.

Baca juga: BERITA FOTO: Puluhan Gitaris Gelar Konser Amal untuk Korban Gempa Cianjur

"Maka total semua yang sudah kita terima sekitar Rp 4,6 miliar dan semua donasi itu kami harapkan diupayakan berguna semaksimal mungkin untuk korban bencana di Cianjur," kata Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), Antonius Tomy Trinugroho dikutip dari Tribunnews.com.

Antonius Tomy Trinugrogo juga berterima kasih kepada paguyuban Gitaris Untuk Negeri dan para donatur yang telah menyumbang dalam membantu korban gempa Cianjur.

Diketahui jika total donasi tersebut dihitung sejak 23 November 2022.

Musisi  Ibrahim Imran Akrab disapa Baim dan Iga Massardi tampil dalam acara Gitaris Untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Musisi Ibrahim Imran Akrab disapa Baim dan Iga Massardi tampil dalam acara Gitaris Untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.

"Kepada gitaris dan rekan-rekan semua yang hadir juga memberikan sumbangan dan donasi, dana kemanusiaan Kompas sudah membuka dompet sejak tanggal 23 November dan sampai malam ini ditambah dari acara lainnya," lanjutnya.

Selain penggalangan dana konser amal Gitaris Untuk Negeri juga melelang karya seni dan alat musik. Terdapat 10 lukisan dari 8 seniman dan 3 gitar yang dilelang bagi siapa saja yang ingin ikut berdonasi.

Beberapa musisi diantaranya Ridho Hafiedz dan Kaka Slank ikut melelangkan gitar kesayangan mereka dan hasilnya untuk menolong korban gempa Cianjur.

Gitaris Josephine Alexandra tampil dalam acara Gitaris Untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Gitaris Josephine Alexandra tampil dalam acara Gitaris Untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.

Baca juga: Endah Widiastuti Berharap Konser Gitaris Untuk Negeri Bisa Ringankan Beban Korban Gempa Cianjur

"Saya juga ingin mengumumkan bahwa gitar Kakak Slank sudah didonasikan oleh Pak Said Abdullah, anggota DPR RI senilai Rp 50 juta," ucap pembawa acara Cynthia Rompas.

Sebanyak 59 musisi Indonesia berpartisipasi dalam konser amal tersebut.

Selain untuk menyalurkan logistik, dana yang terkumpul juga akan digunakan untuk membangun atau merenovasi sekolah yang sudah hancur.

Gitaris Andra Ramadhan tampil dalam acara Gitaris Untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Gitaris Andra Ramadhan tampil dalam acara Gitaris Untuk Negeri: Donasi Gempa Cianjur di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (7/12/2022). Sebanyak 59 musisi menyajikan musik kolaborasi di atas panggung konser amal untuk korban gempa Cianjur secara sukarela.

Proses pengumpulan dan penyaluran donasi dilakukan secara transparan. Laporan secara rutin disampaikan melalui Harian Kompas dan Kompas.id.

(Penulis:Fauzi Alamsyah | Editor: Anita K Wardhani)

Berita ini sebelumnya telah tayang di Tribunnews.com dengan judul : Konser Amal Gitaris Untuk Negeri Berhasil Kumpulkan Dana Rp 4,6 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com