Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Coldplay Belum Gelar Konser di Indonesia?

Kompas.com - 30/08/2022, 18:42 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia adalah salah satu Negara di Asia yang belum pernah sama sekali disambangi oleh band asal Inggris, Coldplay.

Padahal, banyak fans garis keras Indonesia yang menantikan kedatangan Chris Martin dan kawan-kawan.

Lantas, apa alasan Coldplay tidak pernah menggelar konser di Indonesia?

Pelestarian lingkungan

Band yang dibentuk sejak tahun 1996 itu dikenal menaruh komitmen besar pada upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga: Jadwal Konser Coldplay 2023, Asia Tenggara Masih Nihil

Bukan tidak mungkin, Indonesia tak pernah disambangi oleh Coldplay karena minimnya pelestarian lingkungan yang digalakkan di negara ini.

Perlu diketahui, Indonesia ada di peringkat tiga negara yang menghasilkan sampah plastik terbesar di dunia dilansir laman indonesia.go.id.

Pada 2021 lalu, Indonesia menghasilkan sampah plastik sebanyak 67,8 juta ton atau terdapat 185.753 ton sampah setiap harinya dihasilkan oleh sekitar 270 juta penduduk.

Salah satu konser Coldplay dalam A Head Full of Dreams Tour 2016coldplay.com Salah satu konser Coldplay dalam A Head Full of Dreams Tour 2016

Pilih-pilih negara

Pada beberapa kesempatan, Coldplay menunda tur di negara tertentu karena khawatir soal dampak lingkungan dari konsernya.

Sebagai contoh, penundaan itu terjadi saat album baru mereka, Everyday Life, dirilis pada November 2019 lalu.

Baca juga: Bertemu Chris Martin, Reza Tanyakan Kapan Coldplay Konser di Indonesia

Coldplay hanya ingin konser di dua negara, termasuk Yordania.

"Kami ingin memilih suatu tempat di antah berantah di mana kami biasanya tidak bisa bermain," kata Chris Martin dalam sebuah wawancara bersama BBC.

Komitmen Chris Martin

Komitmen Coldplay untuk ambil bagian besar dalam upaya pelestarian lingkungan diungkap langsung oleh sang vokalis, Chris Martin.

"Tur kami ke depan akan menjadi versi tur terbaik yang memperhatikan lingkungan. Impian kami adalah menggelar konser tanpa plastik sekali pakai dan sebagian besar bertenaga surya," ujar Chris Martin beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kebahagiaan Reza Aditya Bertemu Vokalis Coldplay, Chris Martin

"Kami telah melakukan banyak tur besar pada titik ini. Bagaimana kita bisa mengubahnya sehingga tidak terlalu banyak mengambil, tapi menjadi banyak memberi?" lanjutnya.

Kini, Coldplay selalu menjadi band yang menggelar konser atau tur yang bermanfaat secara aktif bagi bumi secara keseluruhan.

Vokalis Chris Martin bersama Coldplay tampil di konser yang digelar di Rose Bowl,. Pasadena, California, pada 6 Oktober 2017.Kevin Winter/Getty Images/AFP Vokalis Chris Martin bersama Coldplay tampil di konser yang digelar di Rose Bowl,. Pasadena, California, pada 6 Oktober 2017.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com