Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

"Unchained Melody" Laris Manis

Kompas.com - 25/08/2022, 09:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

UNCHAINED Melody” adalah lagu yang melodinya digubah oleh Alex North dan lirik oleh Hy Zarey yang diciptakan tahun 1955 sebagai theme song yang dinyanyikan oleh Todd Duncan untuk sebuah film tentang kehidupan kaum narapidana di dalam penjara berjudul Unchained.

Kemudian lagu Melodi Lepas Belenggu itu yang berawal dengan melodi sederhana lalu asyik meliuk-liuk menjadi laris-manis sehingga menjadi lagu pop yang paling banyak direkam secara komersial pada abad 20. Lagu tersebut didendangkan oleh lebih dari 670 penyanyi pada lebih dari 1.500 rekaman dalam beraneka ragam bahasa.

Tahun 1955, tiga versi “Unchained Melody” dilantunkan oleh Lex Baxter, Al Hibbler, dan Roy Hamildon bertengger pada puncak Billboard top 10 di Amerika Serikat dan empat versi oleh Al Hibbler, Lex Baxter. Jimmy Young, dan Liberace secara berbarengan nangkring pada jenjang top ke 2 di United Kingdon sebagai rekor tak terpecahkan dalam sejarah musik pop.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Unchained Melody - The Righteous Brothers

"Unchained Melody" lanjut mendominasi tangga popularitas sampai abad 21 sebagai satu-satunya lagu dengan empat beda pemusik secara bersamaan menduduki posisi tertinggi di blantika industri musik dunia.

Dari ratusan rekaman "Unchained Melody" adalah grup The Righteous Briothers dengan solo Bobby Hatfield yang menjadi jukebox standard setelah dirilis. The Righteous Borthers mengalami come back masa kejayaan ke dua dalam popularitas setelah "Unchained Melody" ditampilkan sebagai tema film legendaris Ghost tahun 1990.

Versi Elvis Presley

Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap The Righteous Brothers, Liberace, Lex Baxter, Jimmy Young, Al Hibbler dan tentu saja sang penyanyi pertama Todd Duncan, kalbu lubuk sanubari saya pribadi paling terharu-biru sampai terungu-ungu oleh "Unchained Melody" yang didendangkan Elvis Presley di masa usia senja menjelang ajal pada satu di antara konser terakhir sang maha biduan legendaris tersebut.

Rekaman adegan bersejarah tersebut ditampilkan pada bagian akhir film Elvis yang pada 2022 dipersembahkan oleh sutradara Baz Luhnmann serta dibintangi oleh Austin Butler sebagai Elvis dan Tom Hanks sebagai manajer Elvis, Tom Parker.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Unchained Melody - Gareth Gates

Menurut pendapat subyektif saya, pada adegan penampilan lagu “Unchained Melody” tersebut, Elvis Presley mengerahkan segenap kesaktian musikalnya yang diperoleh dari musik gospel Mahalia Jackson, musik blues BB King dan tentu saja musik dirinya sendiri.

Dalam penampiulang itu, seolah seluruh jiwa raga putra terbaik Amerika Serikat kelahiran Memphis tersebut sedang bergulat melawan proses unchained alias pelepasan diri dari segenap belenggu penderitaan dirinya di kemelut dunia fana untuk segera berpulang ke alam baka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com