Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengabdi Setan 2: Communion, Film Asia Tenggara Pertama yang Tayang di IMAX

Kompas.com - 08/08/2022, 15:24 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tayang perdana di studio IMAX 30 Juli 2022, film Pengabdi Setan 2: Communion disebut sebagai film Indonesia bahkan Asia Tenggara pertama yang tayang di studio IMAX.

Joko Anwar sebagai sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion mengatakan hal tersebut dalam konten YouTube HAHAHA Tv.

"Jadi bukan cuma di Indonesia, tapi sebenarnya film dari Asia Tenggara pertama yang mengalami proses IMAX yang tayang di region Southeast Asia," kata Joko Anwar.

Baca juga: Mengapa Nonton Pengabdi Setan 2: Communion di IMAX Bisa Lebih Seram?

Sutradara film berusia 46 tahun itu kemudian mengatakan bahwa tidak semua film bisa melewati proses untuk tayang di IMAX.

"Sebuah film untuk bisa mengalami proses IMAX dan go through IMAX technology itu secara teknik harus lolos QC, jadi enggak semua film bisa masuk proses IMAX," ucap Joko Anwar.

Proses ini dilakukan karena saat sebuah film ditayangkan di studio IMAX dan dibuat dengan teknik yang tidak memadai, justru akan mengungkap ketidaksempurnaan film tersebut.

"Kalau film secara teknik enggak memadai, begitu ditayangkan di IMAX, keluar semua ketidaksempurnaannya," kata Joko Anwar.

Baca juga: Fakta Film Pengabdi Setan 2: Communion Tayang di IMAX

"Dari segi lighting, CGI, ketidaksempurnaan akan terlihat jelas," lanjutnya. 

Oleh karena itu, tidak semua film dibuat dengan kualitas IMAX, selain akan memakan waktu lebih lama, juga diperlukan penyimpanan yang besar. 

Namun untuk film Pengabdi Setan 2: Communion, Joko Anwar mengungkap keinginannya meningkatkan kualitas dibanding Pengabdi Setan (2017).

"Pengabdi Setan 2 itu kita syuting 4K, kita proses pos pro the effect semua tetap 4K, makanya kita effect CGI takes 2 years, karena kita mau retain that 4K quality, most of the times, orang syuting 4K ya, tapi pos pro 2K," ujar Joko Anwar. 

Sementara itu, dijelaskan juga tentang proses sebuah film bisa tayang di studio IMAX. 

Proses ini sendiri dilakukan di Los Angeles dan harus melalui asesmen.

"Jadi prosesnya harus melalui proses di laboratorium IMAX di Los Angeles, dan Pengabdi Setan 2 sudah melalui proses DMR digital remaster di LA dan sudah lolos QC di Los Angeles IMAX," ucap Joko Anwar.

Dikutip dari YouTube Volix Media, Joko Anwar menyebut semua proses itu membutuhkan waktu hingga tiga minggu sebelum akhirnya pihak IMAX menyetujui penayangan Pengabdi Setan 2: Communion di studio IMAX.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com