Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Buat Konten Receh Demi Gaji Karyawan, Atta Halilintar: Kita Enggak Bisa Idealis Terus

Kompas.com - 09/07/2022, 09:00 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- YouTuber Atta Halilintar tanggapi banyaknya cibiran yang ditujukan atas konten-kontennya yang disebut receh dan tak mendidik.

Atta tak memungkiri, dari konten-konten receh seperti itu dia justru bisa menghidupi ratusan karyawannya.

"Dengan adanya konten yang lebih 'bermasyarakat' istilahnya, ini lah yang akan menghidupi," kata Atta dikutip dari YouTube Puella ID.

"Karena aku di AHHA Corp punya ratusan karyawan, kalau aku hidup dari karya berkualitas yang misal enggak menghasilkan buat kita, siapa yang akan gaji mereka?," tanya Atta.

Baca juga: Atta Halilintar Bongkar Rahasia Bisa Tinggal di Kawasan Elite Saat Masih Hidup Susah

Sudah jelas bukan orang-orang yang mencibir konten-konten receh itu yang akan membayar gaji karyawannya.

"Apakah negara akan bertanggung jawab? Apakah penonton yang bilang kok begini kok begitu akan bertanggung jawab untuk membayarin gaji ratusan orang ini?," tanya Atta. 

"We have to do something untuk gaji mereka, kita harus cari apa yang masyarakat pengin (tonton) buat ngegaji mereka," imbuhnya. 

Baca juga: Atta Halilintar dan Ceritanya Melewati Masa-masa Sulit Ekonomi

Tapi bukan berarti Atta hanya berdiam diri dengan konten receh seperti itu demi menghasilkan uang.

Karena sudah sejak beberapa tahun belakangan dia mulai menyeimbangkan konten-kontennya. Melalui AH Podcast dan AH yang sudah dibedakan kontennya. 

Berbeda dengan YouTube AH dengan konten yang lebih merakyat, konten AH Podcast, Atta membahas banyak isu sosial dan mendatangkan berbagai narasumber. 

Di mana Atta juga sadar membuat konten berkualitas dan mendidik berisiko menghadapi kerugian. 

"Dalam kita berkarya, kadang kita enggak bisa idealis terus, kadang kita juga enggak bisa remeh terus, kita harus balance," ujarnya.

"Di mana yang idealis ini kadang kita harus membuang duit, membuang waktu dan kita tahu enggak akan menghasilkan duit banyak, bahkan bisa rugi, seringnya rugi," ucap Atta.

Atta juga membantah kabar yang menyebut penghasilan menjadi YouTuber cukup besar. Pernah ada masa di mana dia dengan satu juta subscriber hanya mendapatkan adsense Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. 

"Jangan terlalu percaya sama social blade," ujar Atta membicarakan tentang website yang biasa mengukur pendapatan para YouTuber

Namun dia tak memungkiri, ada YouTuber yang sukses karena adanya sponsor seperti Rans Entertainment dan Deddy Corbuzier. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com