Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesian Insight Kompas
Kelindan arsip, data, analisis, dan peristiwa

Arsip Kompas berkelindan dengan olah data, analisis, dan atau peristiwa kenyataan hari ini membangun sebuah cerita. Masa lalu dan masa kini tak pernah benar-benar terputus. Ikhtiar Kompas.com menyongsong masa depan berbekal catatan hingga hari ini, termasuk dari kekayaan Arsip Kompas.

Ironi Will Smith, Menang Oscar 2022 lalu 10 Tahun Dilarang Hadir di Malam Penghargaan Academy Awards

Kompas.com - 09/04/2022, 04:27 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

WILL Smith, Jumat (8/4/2022) waktu Amerika Serikat, dipastikan dilarang menghadiri malam penghargaan Oscar selama 10 tahun ke depan. Ini adalah buntut penamparan yang dia lakukan ke Chris Rock pada Senin (28/3/2022) di panggung penghargaan Oscar 2022.

Menjadi ironi, karena pada Oscar 2022 ini Will Smith mendapatkan Oscar sebagai aktor terbaik dari perannya sebagai Richard Williams, ayah duo kakak adik legenda tenis putri dunia, Venus Williams dan Serena Williams.

Selain dilarang menghadiri malam penghargaan Oscar selama 10 tahun ke depan, Will Smith juga dilarang menghadiri segala acara lain yang digelar oleh Academy of Motion Pictures Arts and Science (AMPAS) untuk kurun waktu yang sama. 

"Dewan telah memutuskan, untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak diizinkan menghadiri semua acara atau program Academy, secara langsung atau virtual, termasuk tetapi tidak terbatas pada Academy Awards," tulis Presiden David Rubin dan CEO Dawn Hudson, Jumat, sebagaimana dikutip AFP.

Baca juga: Tampar Chris Rock, Will Smith Di-blacklist dari Oscar Selama 10 Tahun

Merespons ini, Will Smith mengaku menerima keputusan tersebut. "Saya menerima dan menghormati keputusan Academy," ujar dia sebagaimana diunggah laman Hollywood yang dikutip AFP. 

Petinggi Academy, sebuah kelompok paling bergengsi di Hollywood yang terdiri dari sekitar 10.000 pembuat film sekaligus penyelenggara Oscar, berkumpul pada Jumat pagi untuk membahas tindakan atas aksi Smith di panggung Oscar dua pekan silam. 

Semula, pertemuan ini dijadwalkan untuk membahas penangguhan atau pengusiran Smith dari keanggotaan Academy Oscar. Namun, Will Smith sudah lebih dahulu mengajukan pengunduran diri. Untuk mendapatkan nominasi Oscar dan memenangkannya, aktor tidak harus menjadi anggota.

"Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa pada tahun lalu. Namun, itu malah dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat Mr Smith tunjukkan di atas panggung," tulis Academy dalam pernyataannya. 

Tindakan yang diputuskan terhadap WIll Smith, lanjut pernyataan itu, merupakan langkah lebih besar untuk melindungi keselamatan para aktor atau aktris dan tamu Oscar, sekaligus untuk memulihkan kepercayaan kepada Academy. 

"Kami berharap ini dapat memulai waktu penyembuhan dan pemulihan untuk semua yang terlibat dan terkena dampak," imbuh pernyataan tersebut. 

Baca juga: Will Smith Disarankan Rehat dari Dunia Akting Usai Insiden Tampar Chris Rock di Oscar 2022

Sebelumnya, mencuat seruan untuk mencopot kemenangan Oscar 2022 dari Will Smith. Kakak Chris Rock, Kenny Rock, menyebut aksi Will Smith kepada adiknya sebagai tindakan meremehkan di depan jutaan orang yang menyaksikan seremoni tersebut. 

Meski demikian, keputusan yang diambil pada Jumat memastikan kemenangan Will Smith di Oscar 2022 tidak dicabut. Dalam sejarah, Oscar pernah dibatalkan bagi Harvey Weinstein dan Roman Polanski setelah terbukti terlibat skandal pelecehan seksual, selain mengusir mereka dari keanggotaan Oscar.

Biasanya, para pemenang Oscar untuk kategori aktor terbaik akan diundang untuk mempersembahkan Oscar pada tahun berikutnya. Ini akan menjadi penghormatan yang tak akan didapat Will Smith. 

Membela istri, menampar Chris Rock

Insiden penamparan Chris Rock terjadi tak sampai satu jam sebelum Will Smith dinyatakan memenangi Oscar 2022 dalam kategori aktor pemain dari lakonnya di film King Richard. Penamparan tersebab Will Smith tidak terima istrinya, Jada Pinkett Smith, menjadi bahan olok-olok Chris Rock. 

Kolase foto rentetan adegan Will Smith menampar Chris Rock di panggung Academy Awards 2022, Senin (28/3/2022).AFP/ROBYN BECK Kolase foto rentetan adegan Will Smith menampar Chris Rock di panggung Academy Awards 2022, Senin (28/3/2022).

Jada adalah penderita alopecia, kondisi terkait imun tubuh yang menyebabkan rambut rontok. Insiden penamparan tersebut tak diperkarakan Chris Rock ke polisi, sekalipun Kepolisian Los Angeles sudah menanyainya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com