Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Machi Achmad Bantah Hadir di Ruang Mediasi Bersama Adam Deni, Begini Respons Pihak Jerinx

Kompas.com - 11/02/2022, 21:18 WIB
Vincentius Mario,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski sudah tak menjadi kuasa hukum Adam Deni, nama pengacara Machi Achmad sempat menjadi sorotan dalam kasus dugaan pengancaman yang menjerat penabuh drum I Gede Aryastina alias Jerinx.

Dalam kesaksian ayah Jerinx, I Wayan Arjono, Machi disebut hadir bersama Adam Deni dan kekasihnya di sebuah ruang hotel di kawasan Jakarta Selatan dalam upaya mediasi.

Namun, beberapa waktu lalu, Machi Achmad menampik hal tersebut dan bahkan mengaku tak tahu di mana tempat mediasi pihak Jerinx dan Adam Deni.

"Di sini saya tidak ada di pertemuan saat mereka berdamai. Bahkan saya tidak mengetahui tempat pertemuannya itu di mana," kata Machi Achmad saat ditemui wartawan di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Sebut Adam Deni Masih Bisa Menghubunginya Setelah Ditangkap, Dokter Tirta Bakal Disomasi?

Meski begitu, pihak Jerinx kembali menampik pernyataan Machi tersebut.

“Machi hadir. Jerinx juga bilang dia hadir saat itu. Keterangan itu bahkan diakui Elsya Rossana, kekasih Adam Deni. Dia bilang di persidangan saat jadi saksi, ada Machi Achmad,” kata kuasa hukum Jerinx, Sugeng Teguh Santoso, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/2/2022).

Keterangan mengenai kehadiran Machi saat mediasi sebenarnya telah diakui lebih dulu oleh Elsya Rossana, kekasih Adam Deni yang juga hadir saat mediasi dengan Jerinx.

Hal itu diungkap Elsya saat menjadi saksi pihak Adam Deni dalam sidang beragendakan mendengarkan keterangan saksi dari pihak pelapor.

Baca juga: Kuasa Hukum Adam Deni Bantah Pernyataan Dokter Tirta yang Mengaku Dihubungi Kliennya Usai Ditahan

“Saya tanya, ada berapa orang (dalam ruang mediasi)? Dia (Elsya) bilang ada lima orang, ada Machi. Jadi Elsya mengakui,” ucap Sugeng.

Menurut Sugeng, bantahan Machi tersebut adalah upayanya untuk cuci tangan setelah tak lagi menjadi kuasa hukum Adam Deni.

“Jadi Machi ini sebenarnya cuci tangan dan cuci kaki. Saya dapat data dari Dokter Tirta, Machi berkomunikasi ‘damai harus dengan syarat’. Itu komunikasi dokter Tirta dan Machi ya,” lanjut Sugeng.

Machi Achmad diketahui kini sudah tidak lagi menjadi kuasa hukum dalam kasus Adam Deni dengan Jerinx.

Baca juga: Adam Deni Sakit Maag, Kuasa Hukum Sebut Terdiagnosis Virus

Machi mengungkap tidak ingin ambil pusing mengenai mediasi, hingga uang damai yang disebut mencapai Rp 15 miliar tersebut.

Machi Achmad mengatakan, biarkan pihak berwajib yang bakal menindaklanjutinya.

“Kalau mengenai dugaan Rp 15 miliar dan Rp 10 miliar, Adam Deni kan sudah membuat laporan ke polisi. Kalau hal itu biarlah nanti ranah kepolisian sebagai penegak hukum dan Adam pun sudah memberikan bukti-bukti kepada kepolisian,” ujar Machi Achmad kepada Kompas.com, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Adam Deni Dituduh Minta Uang Damai Rp 15 M ke Jerinx, Eks Kuasa Hukum Serahkan Kasusnya ke Kepolisian

Adapun proses hukum yang menjerat Jerinx kini masih bergulir. Proses peradilan yang dijalani Jerinx saat ini merupakan buntut dari laporan atas kasus dugaan pengancaman yang dilayangkan Adam Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com