Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Hamengkubuwono X Hadiri Gala Premiere Losmen Bu Broto di Yogyakarta

Kompas.com - 13/11/2021, 16:06 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X menghadiri gala premiere film Losmen Bu Broto di Empire XXI, Yogyakarta, Sabtu (13/11/2021).

Sultan Hamengkubuwono X tiba sekitar pukul 13.30 WIB bersama sang istri, Gusti Kanjeng Ratu Hemas

Mereka kemudian langsung berbincang-bincang dengan dua dari lima pemeran utama Losmen Bu Broto, aktris Maudy Koesnaedi dan aktor Mathias Muchus.

Jelang pemutaran film, Sultan Hamengkubuwono X mengungkapkan, Losmen Bu Broto mengingatkannya pada serial Losmen yang tayang di TVRI tahun 1980-an.

Baca juga: Sultan Hamengkubuwono X Hadiri Gala Premiere Losmen Bu Broto di Yogyakarta

"Hari ini membawa kenangan tersendiri untuk kami, kami pernah melihat Losmen ini dari TV. Dengan membawa background dan tradisi Jogja yang hampir 100 persen di Jogja," kata Sultan Hamengkubuwono X, Sabtu.

Sultan Hamengkubuwono X penasaran dengan dialog dan pendekatan budaya yang ada di dalam film karya sutradara Ifa Isfanyah dan Eddy Cahyono ini.

Sebab, menurut Sultan Hamengkubuwono X nilai budaya tersebut bisa dianggap dari dua sisi, yakni sebagai masalah atau bukan masalah.

"Semoga film ini enggak terlalu serius sehingga dialognya cair. Karena dialog cair itu khas masyarakat Jogja" ujar Sultan Hamengkubuwono X.

Baca juga: Pemutaran Perdana Film Losmen Bu Broto, Impian Terkabul hingga Banjir Air Mata

Film ini menceritakan keluarga Pak Broto (Mathias Muchus) dan Bu Broto (Maudy Koesnaedi) bersama tiga anaknya, Pur (Putri Marino), Sri (Maudy Ayunda), dan Tarjo (Baskara Mahendra) yang mengelola sebuah losmen.

Kedekatan keluarga Pak Broto dengan tamu losmen menjadi titik penguat cerita di film ini.

Seperti diketahui, karakter Pak Broto dan istrinya yang penuh pengertian serta keramahan, membuat losmen mereka sering dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Marthino Lio Sebut Karakter Jarot di Film Losmen Bu Broto Mirip dengan Dirinya

Losmen Bu Broto akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai 18 November 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com