Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Alami Body Shaming, Yura Yunita Tumpahkan Lewat Lagu Tutur Batin

Kompas.com - 21/10/2021, 19:22 WIB
Melvina Tionardus,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Yura Yunita merilis album Tutur Batin yang salah satu lagunya juga berjudul sama, Jumat (22/10/2021) tengah malam nanti.

Lagu "Tutur Batin" merupakan lagu yang didasarkan pada pengalaman pribadinya mendapat body shaming.

"Aku pernah dibilang aku enggak sempurna, pendek, enggak punya look yang material in this music industry," ungkap Yura Yunita dalam konferensi pers virtual, Kamis (21/10/2021).

"Walaupun laguku dan kemampuan musikku diterima, tapi ada aja yang bilang I was not pretty enough, was not tall enough, my skin was not fair enough, enggak sesuai standar mereka," lanjut Yura.

Baca juga: Rilis Album Tutur Batin, Yura Yunita Sengaja Tampil Tanpa Riasan Wajah di Foto Sampul

Sambil menangis, Yura mengatakan, dulu ia merasa kenapa dirinya dikecam demikian dan berpikir apakah memang dirinya tidak sempurna.

Namun penyanyi kelahiran tahun 1991 itu menegaskan, yang pasti ia tidak setuju dengan kata-kata cibiran tersebut.

Yura menumpahkan seluruh semangatnya untuk meyakinkan bahwa setiap individu tidak perlu mengikuti standar sempurna kebanyakan orang.

"Makanya di lagu ini aku ingin coba break the norm, empower the real beauty means, menyampaikan bahaa kita enggak perlu sempurna sebagai manusia. Dengan apa yang sudah Tuhan kasih, kita bisa terus berkarya dan buktiin ke orang lain bahwa kita bisa bikin jalan kita sendiri, jelasnya.

Baca juga: Kolaborasi Erwin Gutawa dan Yura Yunita Hidupkan Tak Kuduga Jadi Lebih Kekinian

Yura mengaku juga belajar bahwa di kala mencoba menyerukan kebenaran pun pasti ada saja orang yang mencoba membuat seseorang merasa jatuh atau membendung jalan yang dipilih.

Dari banyaknya tantangan hidup pun ia semakin memetik berbagai pelajaran.

"Mengejar kesempurnaan itu pasti enggak ada habisnya dan sampai kita menerima diri kita apa adanya, di situ kita bisa merasa nyaman dengan diri kita dan itu bukan hal yang mudah, proses yang panjang," ujar Yura.

Baca juga: Ahmad Dhani Puji Lagu yang Diciptakan Yura Yunita

Album Tutur Batin berisi 11 lagu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com