Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langganan Oscar, 10 Komposer Musik Ini Buat Film Jadi Lebih Hidup

Kompas.com - 11/05/2021, 10:20 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menonton film akan terasa hambar apabila tidak didukung dengan musik pengiring yang mampu meningkatkan mood dan membawa perasaan.

Seperti kita ketahui, hampir setiap sinema saat ini memiliki musik pengiring yang berfungsi memberikan nyawa dan warna untuk film. Pemberian musik sebagai pengiring cerita dalam film ini biasa dikenal dengan film scoring.

Ditulis Kompas.com, Rabu (30/10/2019), praktik scoring dalam film bukanlah hal baru. Tren ini mulai berkembang sejak 1940-an. Bentuk awalnya merupakan orkestra live yang mengiringi pemutaran film bisu.

Selepas itu, penyisipan musik sebagai pengiring film pun mulai digandrungi. Beberapa scoring bahkan menjadi identitas dari film tertentu.

Baca juga: Music Scoring, Elemen Penting Film yang Sering Terabaikan

Contohnya adalah scoring dalam film Schindler’s List (1993) yang ditulis komposer John Williams. Scoring ini secara sempurna menggambarkan kesedihan mendalam para umat Yahudi akan presekusi kejam yang diakukan tentara Nazi Jerman pada era Perang Dunia II.

Untuk membentuk mood penonton, komposer harus bisa menyampaikan visi sutradara atau pembuat film agar musik yang mereka buat bisa menggugah perasaan penonton.

Sama halnya dengan beberapa sosok jenius musik di bawah ini. Karena kecakapannya membuat film scoring, komposer-komposer ini seringkali mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori Best Original Score.

Merangkum Screen Rant, Senin (10/5/2021), berikut daftar sepuluh komposer musik untuk film legendaris yang membuat film-film lebih hidup.

Baca juga: Film Tron 3 Segera Diproduksi, Daft Punk Kembali Dipercaya Mengisi Scoring

1. John Williams

John Williams mungkin menjadi salah satu komposer musik untuk film yang paling dikenal khalayak luas. Beberapa karya ikonik Williams bisa ditemukan dalam film-film legendaris, seperti Jaws (1975), Star Wars, Harry Potter, Jurassic Park, Schindler’s List (1993), E.T the Extra-Terrestrial (1982), hingga Saving Private Ryan (1998).

Sepanjang kariernya, ia berhasil mengantongi 52 nominasi Oscar dengan lima kemenangan Best Original Score untuk Fiddler on the Roof (1971), Jaws (1975), Star Wars: A New Hope (1977), E.T the Extra-Terrestrial (1982), dan Schindler’s List (1993).

Selain itu, komposer berkebangsaan Amerika Serikat (AS) ini juga telah memenangkan 25 Grammy Awards, tujuh British Academy Film Awards (BAFTA), dan empat Golden Globes.

Sampai saat ini, Williams menjadi salah satu komposer film scoring yang paling dihormati dan disegani di seluruh dunia.

Baca juga: Kembalinya John Williams untuk Star Wars

2. Hans Zimmer

Komposer asal Jerman ini mendapatkan nominasi Oscar pertamanya pada 1989 lewat film Rain Man (1988). Enam tahun kemudian, Zimmer berhasil membawa pulang piala Best Original Score dalam ajang Oscar 1995 lewat film The Lion King (1994).

Selama berkarier, Zimmer berhasil mengantongi total 11 nominasi Oscar. Beberapa film yang paling dikenal adalah Gladiator (2000), Sherlock Holmes (2009), Inception (2010), Interstellar (2014), dan Dunkirk (2017).

Ia juga kerap berkolaborasi dengan beberapa sutradara kenamaan dunia, di antaranya Ridley Scott, Tony Scott, Ron Howard, hingga Christopher Nolan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com