Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampaikan Pesan Mendalam, Berikut 7 Film Sarat Isu Sosial yang Harus Ditonton

Kompas.com - 08/04/2021, 18:45 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Sumber IndieWire

KOMPAS.com – Sejak fenomena Parasite (2019) mendunia, penonton mulai tertarik membahas berbagai film yang sarat akan isu sosial.

Tema kesenjangan sosial yang diangkat Parasite itu sukses membawa film besutan sutradara Bong Joon Ho memenangkan penghargaan Best Picture, Best Director, dan Best Original Screenplay di ajang Oscar 2020.

Film dengan isu sosial rupanya mampu menyampaikan pesan dan efek mendalam kepada para penonton. Dengan menonton film jenis ini, penonton akan menyadari adanya isu-isu yang tidak terekspos di khalayak luas.

Selain itu, melalui tema tersebut, penonton juga akan belajar mengenai makna film lebih dalam dari sekadar seni dan hiburan di kala bosan.

Baca juga: Sinopsis Parasite, Film Terbaik Oscar 2020

Merangkum Indiewire, Kamis (8/4/2021), berikut tujuh rekomendasi film bermuatan isu sosial yang wajib ditonton untuk memompa wawasan akan berbagai isu-isu penting di dunia.

Roma (2018)

Roma merupakan film besutan sutradara kondang asal Meksiko, Alfonso Cuarón. Berkat film ini, Cuarón berhasil mengantongi penghargaan Sutradara Terbaik dalam ajang Oscar 2019, setelah sebelumnya menang di nominasi yang sama untuk film Gravity (2014).

Film ini menceritakan kisah hidup Cleo (Yelitza Aparicio), asisten rumah tangga yang melayani sebuah keluarga kelas menengah di Mexico City dan menjadi pengasuh bagi empat anak dalam keluarga tersebut.

Cleo merupakan sosok polos dan lugu. Karena keluguan itu, ia pun terpikat kepada seorang laki-laki dari kelas sosial yang sama. Keduanya pun memadu kasih, hingga kemudian Cleo hamil.

Baca juga: Alfonso Cuaron Sabet Penghargaan Sutradara Terbaik Oscar 2019

Namun naas bagi Cleo, laki-laki tersebut enggan untuk mengakui anak tersebut dan pergi meninggalkannya. Ia pun berjuang untuk mendapatkan pengakuan di tengah situasi tak menentu yang terjadi dalam termin waktu 1970-an.

Sementara itu, majikan Cleo yang bernama Sofia (Maria de Tavira) harus menghadapi kelakuan sang suami, Antonio, yang pemarah dan jarang pulang. Ia sadar bahwa selama ini sang suami memiliki wanita simpanan.

Roma sukses menggambarkan kondisi humanis masyarakat kelas menengah ke bawah yang berkutat dengan masalah sehari-hari. Pada beberapa adegan, Cuarón tidak lupa menunjukkan masalah sosial-politik yang terjadi di Meksiko pada era tersebut.

Berkat kecemerlangan Cuarón dalam menggarap film, Roma diganjar sembilan nominasi dan tiga kemenangan dalam ajang Oscar 2019. Tiga kemenangan tersebut adalah Best Foreign Language Film, Best Cinematography, dan Best Director.

Baca juga: Sinopsis Gravity, Kisah Dua Astronot yang Terjebak di Luar Angkasa

Shoplifters (2018)

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Hirokazu Koreeda. Shoplifters memberikan gambaran akan potret kemiskinan di pinggiran Tokyo, kota yang selama ini dikenal luas akan kemajuan teknologi dan kekayaan ekonomi.

Debut perdana di Cannes Film Festival, Shoplifters berhasil mengunggah banyak tepuk tangan, baik dari kritikus film maupun penonton awam. Ini dibuktikan dengan skor 8.0 di situs IMDb dan 99 persen skor di Rotten Tomatoes.

Shoplifters menceritakan kehidupan sebuah keluarga miskin di Jepang yang berusaha bertahan hidup di tengah tekanan ekonomi global yang kian sulit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com