Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jogja Music Week 2021 Tetap Digelar, Hadirkan Senja dan Nona Sepatu Kaca

Kompas.com - 04/02/2021, 19:23 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jogja Music Week (JMW) tetap digelar meski pandemi virus Covid-19 masih melanda Indonesia.

JMW adalah festival yang bertujuan memberikan ruang apresiasi dan presentasi bagi musisi dan talent-talent muda khususnya dalam proses kreatif di dunia musik industri.

JMW yang merupakan bagian dari Pangan Fest 2021, akan digelar selama sepekan di tujuh tujuh titik coffee shop berbeda dengan konsep panggung Open Gigs.

Baca juga: DMASIV Akui Pernah Berutang Demi Ikut Festival Musik

Founder JMW Bakkar Wibowo mengatakan, pilihan konsep ini bukan tanpa alasan. Dengan konsep panggung Open Gigs, para new talent dan musisi yang akan tampil akan mendapatkan pengalaman secara langsung, sekaligus intimacy dengan penikmatnya.

"Jadi, bukan hanya dalam keahlian musikalitas bermusik di atas panggung yang kita dapatkan. Tapi juga akan mendapatkan pengalaman kemampuan teknis secara langsung dari atas panggung," kata Bakkar Wibowo, Kamis (4/2/2021).

Pagelaran JMW seri pertama dan pembuka tahun ini akan berlangsung di bulan Februari 2021 di Kota Yogjakarta.

Baca juga: Festival Musik Coachella Kembali Ditunda Setelah Satu Tahun Jeda

Karena masih dalam masa pandemi, dalam pergelaran perdananya akan menggunakan konsep tapping on venue.

"Artinya, nantinya akan diputar premiere melalui channel YouTube Jogja Music Week," kata Bakkar Wibowo.

JMW sebagai produk festival juga membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan entitas lainnya, khususnya justru yang berada di luar musik. Yang memiliki komitmen terhadap perkembangan dan pertumbuhan ekonomi lokal atau gerakan sosial masyarakat.

Baca juga: La Vie En Rose Ramaikan My French Film Festival 2021

Hal ini dilakukan menimbang produk branding JMW nantinya tidak hanya ihwal company branding.

"JMW diharapkan nantinya mampu menjadi media partner dalam cultural branding, tourism branding, city branding, dan brand campaign," ujar Bakkar Wibowo.

Berikut tujuh tujuh titik coffee shop yang tersebar di Yogjakarta yang akan digunakan sebagai Venue gelaran JMW 2021; Selimbi Resto, Zippy Cafe, Luksi Kopi, Kyoto Garage Cafe & Kitchen, Balakosa Coffe & Co, Kancane Coffe, Tea Bar and Resto, dan Warung Heru.

Baca juga: Solo Imlek Festival 2021 Dibatalkan karena Covid-19

Sedangkan talent-nya dari berbagai nama band dan solois yang telah dikurasi sedemikian rupa, dari sejumlah musisi muda berbakat, yang bersiap memberikan kesegaran musikal baru.

Mereka di antaranya adalah Senja, Nona Sepatu Kaca, Putri Ariani, Jono Terbakar, Bemandary, Olski, Holaspica, Perahu Karet, Mahijadedi X GNTZ, Mitty Zasia, Fayrush, Archiblues, Megantoro, Jasmine Elektrik, Korekayu, NOK37, dan The Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com