Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkenal di Kalangan Penonton, Berikut 10 Psikopat Paling Populer dalam Film

Kompas.com - 03/02/2021, 09:00 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sosok pembunuh berantai dalam film mungkin identik dengan karakteristik psikopat, yaitu pembunuh berdarah dingin yang tidak memiliki emosi dan belas kasihan.

Dilansir Psychiatric Times, Rabu (8/10/2014), Psikiater Willem H J Martens mengatakan, psikopat memiliki beberapa karakter, seperti sikap manipulatif, tidak memiliki empati atau perasaan bersalah, tidak bisa mengontrol emosi, kerap berbohong, serta sikap berani dan tanpa ragu.

Dalam beberapa film, psikopat sering digambarkan sebagai sosok yang sinting atau gila. Namun, kenyataannya, psikopat memahami sifat dan kepribadian manusia lebih baik dari kebanyakan orang. Hal inilah yang membuat seorang psikopat sangat berbahaya.

Merangkum The Cinemaholic, Selasa (2/2/2021), berikut sepuluh psikopat paling populer dalam film yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Sinopsis Film Emelie, Kisah Horor 3 Anak dan Pengasuh Psikopat

Alex DeLarge – A Clockwork Orange (1971)

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Stanley Kubrick Fans (@stanleykubrickfc)

Film yang disutradarai Stanley Kubrick ini menceritakan tentang dunia kriminal yang distopia atau suram di masa depan. Kisahnya diadaptasi dari novel populer karya Anthony Burgess dengan judul sama.

Berlatar di Inggris, film ini menceritakan kisah Alex DeLarge (Malcolm McDowell), penjahat kelas teri yang memimpin geng beranggotakan tiga orang.

Selain hobi merampok dan memperkosa wanita, Alex juga kerap memunjukkan ciri-ciri menggangu yang berbahaya.

Karena sifatnya tersebut, pemerintah memutuskan untuk menyembuhkan kegilaan Alex menggunakan teknik Ludovico. Teknik ini bertujuan untuk membuat para tahanan jera setelah melakukan kejahatan.

Baca juga: Sinopsis Less Than Evil, Perang Psikologis Detektif dan Psikopat

Hannibal Lecter – The Silence of the Lambs (1991)

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cinema Monkeys™ (@cinemonkeys)

Berkat perannya sebagai psikopat kanibal bernama Hannibal Lecter, Anthony Hopkins berhasil memenangkan penghargaan Oscar 1992 sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik untuk film The Silence of the Lambs.

Sama dengan Anthony, Jodie Foster yang memerankan karakter Clarice Starling di film ini juga diganjar penghargaan Oscar untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

The Silence of the Lambs menceritakan tentang usaha anggota Federal Bureau of Investigation (FBI) muda Clarice Starling dalam menangkap pembunuh sadis yang hobi menguliti para korbannya.

Untuk menyelesaikan kasusnya, Clarice mengunjungi Hannibal Lecter di penjara untuk menanyakan beberapa hal demi melancarkan misi penangkapan pembunuh berantai yang dikenal dengan nama Buffalo Bill (Ted Levine).

Baca juga: Anthony Hopkins dan Jodie Foster Ungkap 7 Rahasia di Balik The Silence of the Lambs

Sosok Lecter yang diperankan oleh Hopkins memiliki karakter psikopat menyeramkan, yakni lancar berbicara, pandai mengintimidasi, dan penuh taktik.

Anton Chigurh – No Country for Old Men (2007)

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Pure Cinema (@thepurecinema)

Film karya sutradara Joel dan Ethan Coen ini memberikan gambaran utuh tentang psikopat di dunia nyata melalui sosok Anton Chigurh (Javier Bardem).

Dilansir Business Insider, Selasa (2/1/2018), psikiater asal Belgia, Samuel Leistedt mengungkapkan bahwa karakter Anton Chigurh merupakan psikopat paling realistis di dunia nyata.

“Anton merupakan karakter yang kebal terhadap segala bentuk emosi dan perasaan manusia. Pembawaannya juga normal dan biasa, seperti kebanyakan psikopat dalam dunia nyata,” ungkap Leistedt.

Baca juga: Sinopsis No Country for Old Men, Josh Brolin Bawa Kabur Uang Haram

No Country for Old Men menceritakan kisah Llewelyn Moss (Josh Brolin) yang tidak sengaja menyaksikan aktivitas transaksi narkoba antara dua kelompok.

Sayangnya, dua kelompok tersebut justru terlibat aksi baku tembak. Mereka meninggalkan setumpuk narkoba di dalam mobil dan uang sebesar dua juta dollar Amerika Serikat (AS) di dalam sebuah koper.

Melihat ada banyak uang tertinggal, Moss mengambil dan membawanya pulang ke rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com