Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marshanda: Ketika Berbuat Salah, Gue Akan "Hukum" Diri Sendiri

Kompas.com - 20/11/2020, 19:16 WIB
Vincentius Mario,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pengidap bipolar disorder, artis peran Marshanda mengaku sering merasa sedih tanpa alasan yang jelas.

Mencoba bangkit, Marshanda menjelaskan, setiap melakukan kesalahan, dia pasti menghukum diri sendiri.

“Ketika gue berbuat salah, gue akan hukum diri gue sendiri. Gue akan belajar dari hal itu,” kata Marshanda, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Merry Riana, Jumat (20/11/2020).

Baca juga: Bicara soal Depresi, Marshanda Sebut karena Ada Pola Asuh yang Salah

Menurut artis yang kariernya melejit lewat sinetron Bidadari ini, menghukum bukan berarti melukai, tetapi menjadikan itu suatu pelajaran berharga agar bisa lebih baik lagi.

“Sehingga ketika orang lain buat salah, dia akan buat hal yang sama. Dan di situ aku belajar, kalau ada orang menyakitiku, it is not about me, it is about them,” tutur Marshanda.

Sejauh ini, Marshanda telah belajar ikhlas dan santai dalam menanggapi tiap perundungan yang dia terima di media sosial atau di mana saja.

Baca juga: Menderita Bipolar, Marshanda: Itu Sesuatu yang Sangat Bisa Dikontrol

“Jadi aku belajar ingetin diri sendiri bahwa itu sebenarnya mereka ngomongin diri mereka sendiri kok. Ini melatih diri untuk lebih compassionate (penyayang),” ujar Marshanda.

Sebagai informasi, pesinetron bernama lengkap Andriani Marshanda ini lahir di Jakarta, 10 Agustus 1989.

Namanya dikenal karena perannya sebagai Lala dalam sinetron Bidadari, Nia di sinetron Karunia, dan Yuni dalam Orang Ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com