Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf, Tandai Kembalinya Elkasih ke Industri Musik Tanah Air

Kompas.com - 09/11/2020, 16:15 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sekian lama tak pernah terdengar, grup band Elkasih akhirnya muncul kembali ke industri musik.

Kemunculannya ini ditandai dengan rilisnya single "Maaf" featuring penyanyi Vebrie Verona pada 8 November 2020.

Kolaborasi Elkasih dengan Vebrie Verona ini merupakan rekomendasi dan ditawari Noventino Budi Lesmana alias El Ibnu untuk bernyanyi dalam single "Maaf" ini.

Untuk diketahui, El Ibnu tidak lagi bisa bernyanyi dan sekarang hanya bisa duduk di atas kursi roda karena penyakit stroke yang dialaminya sejak 2015.

"Sekarang mungkin El Ibnu enggak bisa nyanyi, tetapi dia masih bisa berkarya melalui lirik-liriknya yang dahsyat. Dia adalah seorang vokalis yang luar biasa," kata Arie Sapta Hernawan alias El Ari, keyboardis El Kasih di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (8/11/2020).

Baca juga: El Ibnu Elkasih Kesampaian Bertemu Ruben Onsu dan Melaney Ricardo

Lagu yang diciptakan oleh El Ibnu, El Arif, dan Firman Utama ini menceritakan kisah asmara El Ibnu dengan kekasihnya, Sarah Dee.

Tembang ini tercipta saat Sarah menjemput El Ibnu yang ketika itu dirawat di sebuah panti jompo Yayasan GPIB Pniel, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

El Ibnu yang merasa begitu terharu karena Sarah yang merupakan mantan kekasihnya, menjemputnya dari panti jompo.

Kemudian, El Ibnu langsung mencurahkan isi hatinya dengan menuliskan sebuah syair tentang pertemuan itu di telepon genggamnya.

Lantas, El Ibnu meminta personel Elkasih untuk membuatkan notasi untuk mengiringi curahan hatinya tersebut.

Rilisnya single "Maaf" ini sebagai bentuk berkumpulnya kembali Elkasih, sekaligus membantu El Ibnu yang saat ini dalam kondisi kesulitan agar tetap bersemangat menjalani kehidupannya.

"Kita tetap solid dengan El Ibnu di dalam Elkasih, selamanya. (Semoga) Lagu kami dapat diterima masyarakat dan bisa menginspirasi penikmat musik Indonesia," kata El Ari.

Baca juga: El Ibnu Elkasih Balikan dengan Mantan Setelah 10 Tahun Terpisah

Di sisi lain, grup band yang berdiri sejak 1 Januari 2008 itu tengah mengerjakan dua proyek lainnya, yaitu Elkasih Legacy dan Elkasih Reborn.

Elkasih Legacy merupakan proyek yang melibatkan penampilan penyanyi lain sebagai pengganti El Ibnu yang posisinya sudah tidak bisa lagi bernyanyi.

Untuk ke depannya, lagu-lagu yang diambil Elkasih Legacy ini dari kisah hidup El Ibnu, seperti "Maaf".

Sedangkan proyek Elkasih Reborn adalah upaya mencari vokalis baru Elkasih untuk menggantikan posisi El Ibnu.

Baca juga: El Ibnu Berurai Air Mata Berdoa Bersama Ruben Onsu dan Melaney Ricardo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com