Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rara LIDA Pilih Musik Dangdut, Wujudkan Impian Mendiang Ayahnya

Kompas.com - 08/10/2020, 19:33 WIB
Baharudin Al Farisi,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dangdut Tiyara Ramadhani atau yang biasa dikenal Rara LIDA berbagai kisah sewaktu awal-awal memulai karier di dunia industri musik Indonesia.

Sedari kecil, Rara LIDA memang senang bernyanyi dan tergabung dalam sanggar di Sekolah Dasar (SD) nya.

Kendati demikian, sanggar yang diikutinya bukan dari panggung ke panggung, melainkan mengikuti acara-acara resmi yang digelar oleh pemerintah.

Selain mengikuti sanggar, Rara juga beberapa kali mengikuti kompetisi bernyanyi di tingkat provinsi ataupun daerah.

Selang beberapa tahun, Rara mengikuti ajang kompetisi bernyanyi dangdut. Dia mengaku mengikuti audisi tersebut pada 22 September 2017.

"Intinya cari pengalaman dulu sih. Istilah menang kalah, keterima atau enggak itu nanti dulu, yang penting ada pengalaman. Tapi Alhamdulillah lolos," kata Rata saat wawancara ekslusif bersama Kompas.com, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Lewat Panggung Gemilang, Rara LIDA Kenalkan Korean Dangdut

Rara berujar, ia baru mulai mengasah kemampuannya bernyanyi dangdut lagi setelah lolos audisi.

Sebelumnya, Jebolan ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA) ini sibuk bermain musik atau band bersama teman-temannya yang lain.

Pada ajang kompetisi ini, Rara berhasil lolos sebagai runner up. Dia juga pernah mewakili Indonesia di ajang pencarian bakat Asia.

Dalam ajang kompetisi tersebut, lagi-lagi Rara lolos menjadi runner up. Akhir kontes yang Rara ikuti ialah D'Star dan lagi-lagi kembali menjadi runer up.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Panggung Gemilang - Rara LIDA

Memutuskan memulai kariernya melalui jalur musik dangdut, rupanya Rara memiliki dorongan batin dari Ayahnya.

"Dangdut itu memang mimpi Ayah juga sih. Katanya 'Kakak, Ayah pengin Kakak ada di sini', katanya gitu. Semenjak dari situ aku pengin banget belajar dangdut lagi," ungkap Rara.

Terlepas dari itu, Rara mengaku saat usianya baru menginjak 5 tahun adalah momen pertama kali diajarkan bernyanyi oleh ibunya dengan lagu dangdut.

Kini, Rara LIDA telah memiliki dua single, yakni "Ditikam Asmara" yang rilis pada 25 Oktober 2019 dan "Panggung Gemilang" yang rilis pada 26 September 2020.

Baca juga: Eva Yolanda LIDA Disambut Massa Saat Pulang Kampung, Indosiar Buka Suara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com