Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Jadi Anak Band, Pasha Ungu Awalnya Ingin Kerja di Kedutaan

Kompas.com - 24/09/2020, 15:32 WIB
Revi C. Rantung,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Sigit Purnomo Said atau lebih dikenal dengan nama Pasha Ungu menceritakan awal perjalanan kariernya yang terjerumus ke dunia musik.

Awalnya, Pasha memang tidak berniat menjadi seorang vokalis band melainkan bekerja di kedutaan. Mengingat, saat itu Pasha mengambil jurusan kuliah bahasa asing.

Baca juga: Pasha Ungu Bantah Kembali Bermusik karena Gagal di Pilkada 2020

"Kalau dulu kan saya masuk Jakarta kuliah, alhamduliah (kuliah) enggak (lulus). Jadi sejarah gue ngeband itu, sebenarnya ke Jakarta enggak niat ngeband atau musik," kata Pasha Ungu dalam YouTube Kuy Entertainment dikutip Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

"Ambil kuliah tuh bahasa asing, tujuannya dulu biar bisa kerja di kedutaan. Tapi ya itu tadi, karena ospek itu awalnya bermusik, disuruh nyanyi," tambah Pasha.

Baca juga: Pasha Ungu Gagal Maju Pilkada 2020, Ini Fakta-faktanya

Bakat menyanyi Pasha mulai terasah ketika menjalani ospek. Ia kerap kali diminta menyanyi.

Kemudian, dari sinilah timbul niatan Pasha membentuk band yang bernama Nuansa band, dibantu Onci, gitaris Ungu.

Baca juga: [POPULER HYPE] Adelia Tetap Dukung Pasha Ungu yang Gagal Maju Pilkada Sulteng | Rizky DAcademy Unggah soal Sabar dan Bubar

"Pas ospek nyanyi lagu Bunga band terus Stinky. Nah di situ ketemu teman-teman, cikal bakal ngeband di situ. Justru sebelum Ungu, saya ngeband dulu sama Onci," tutur Pasha.

"Dulu kan Onci Funky Kopral lagi berproses, gue dulu punya band namanya Nuansa, waktu itu nuansa sudah rekaman duluan. Nah Onci itu ngebantuin kita. Dulu kan karena nongkrong bisa makan," sambung Pasha.

Baca juga: 2 Partai Pendukung Berbalik Arah, Pasha Ungu Terancam Batal Jadi Cawagub Sulteng

Lambat laun, Pasha akhirnya berhasil membentuk band Ungu. Ungu sendiri menjadi sebuah band yang melejit pada era 2000-an dan menghasilkan beberapa album dan single hits.

Bersama Ungu, Pasha berhasil dikenal banyak orang hingga akhirnya terjun menjadi wakil wali kota Palu, Sulawesi Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com