Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Band NOAH, Tranformasi Peterpan hingga Keinginan Hengkang Ariel Cs

Kompas.com - 15/09/2020, 11:31 WIB
Revi C. Rantung,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup musik band NOAH yang digawangi Ariel, Lukman, dan David hadir dalam YouTube dari Merry Riana. 

Dalam YouTube itu, Ariel cs menceritakan banyak hal seputar NOAH, mulai dari arti nama hingga keputusan mengganti nama besar Peterpan, yang saat itu sangat kuat.

Tak hanya itu, Ariel juga blak-blakan sempat ingin hengkang dari NOAH.

Kompas.com telah merangkum fakta-fakta tentang NOAH sebagai berikut. 

Bocorkan arti nama NOAH

Penyanyi Nazril Irham atau biasa dikenal dengan nama Ariel, membocorkan arti nama NOAH yang dipilih mereka untuk menggantikan nama Peterpan.  

Baca juga: Ketika Judika Memuji Karakter Vokal Ariel NOAH

Ariel berujar bahwa nama NOAH sangatlah simpel dan mempunyai arti yang cocok untuk Ariel, Lukman dan David dalam bermusik.

“Nama NOAH itu simpel, terus kita cari artinya, salah satu artinya menentramkan, memberi kenyamanan. Jadi, kayaknya pas, itu nyambung (dengan kita),” ucap Ariel dalam YouTube Merry Riana dikutip Kompas.com, Senin (14/9/2020).

Mengganti logo terlebih dahulu

Ariel kembali mengakui sebelum mengganti nama Peterpan menjadi NOAH, mereka terlebih dahulu mencari logo yang punya branding kuat.

Logo itu kemudian dipasang untuk Peterpan. Lambat laun, logo itu mudah diingat sehingga saat mengganti nama NOAH, proses transformasi berjalan dengan lancar.  

Baca juga: Diminta Judika Nyanyikan “Jikalau Kau Cinta”, Ariel NOAH: Tinggi Banget

“Proses transformasi (Peterpan ke NOAH) lumayan panjang, jadi yang pertama kami pikirkan secara branding, gimana caranya dari Peterpan kan kuat banget tuh, bisa tetap berjalan dengan nama baru itu. Pertama, kami pikirkan kami mesti bikin logo nih, karena logo itu kan juga bisa melambangkan kitanya,” tutur Ariel.

“Terus pas tengah-tengah begitu Peterpan enggak dipakai, logonya tetap dipakai. Waktu itu pas album Suara Lainnya, itu cuma logo sama musiknya, setelah itu kita masukin nama NOAH,” sambung Ariel lagi.

Ada tiga kandidat nama selain NOAH

Sebelum mantap memilih nama NOAH, Ariel mengungkapkan, ada banyak kandidat nama lainnya. Kemudian setelah disaring, muncul empat kandidat nama termasuk NOAH.

Nama-nama tersebut adalah Masterplan, Raokin, Tanaris dan NOAH.  

Baca juga: Ariel hingga Lukman Sempat Berpikir Hengkang dari NOAH

Namun, menurut Ariel, NOAH rupanya cocok untuk menggantikan nama Peterpan ketimbang nama lain.

“Banyak banget, karena tiap orang dibebasin gitu, ya sudah (waktu itu ada) 10 nama, abis itu kumpulin terakhir empat. Ada Masterplan, Raokin, Tanaris, abis itu NOAH,“ ucap Ariel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com