Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribetnya Dian Sastro Bagi Waktu antara Kerja dan Bantu Anak Saat WFH

Kompas.com - 30/04/2020, 10:11 WIB
Firda Janati,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Paramita Sastrowardoyo atau akrab dikenal Dian Sastro merasa semakin banyak tantangan saat kebijakan Work From Home (WFH).

Menurutnya, dalam masa pandemi corona atau Covid-19 ini perempuan harus bisa menjaga kesehatan mental.

“Aku ngerasa banget work from home (WFH) gini challenging-nya ini justru untuk me-maintain itu tadi, kesehatan mental, enggak cuma kesehatan fisik saja," ujar Dian Sastro dalam acara Sharing Class, Covid-19 dan Digitalisasi, Rabu (29/4/2020).

Alasannya, menurut Dian Sastro sebagai perempuan yang bekerja dan juga seorang ibu, kesehatan mental penting dalam mengurus rumah tangga sekaligus pekerjaan.

Baca juga: Promo Filmnya Terdampak Covid-19, Dian Sastro: Kita Harus Gencar di Digital

"Kalau kesehatan mental seorang ibu collapse, nah gonjang ganjing itu satu rumah,” kata Dian Sastro sambil tertawa.

Artis berumur 38 tahun ini merasa tantangan itu terjadi di waktu ia harus mengurus pekerjaan dan kegiatan school from home sang anak.

“Jadi kan kita sebagai wanita bekerja akhirnya work from home itu tadi, jadi meeting mulai di rumah, biasanya meeting itu jam kerja tapi pada saat jam kerja meeting, anak juga di jam sekolah, kadang-kadang kita jadi ada trouble shooting sebutannya,” ucapnya.

Dian Sastro mengatakan, urusan perkerjaanya menjadi terbelah karena ia juga harus mengurus kegiatan sekolah sang anak yang dilakukan di rumah.

Baca juga: Sambut Usia 4 Dekade, Dian Sastro Berkaca pada Marsha Timothy dan Happy Salma

“'Ini pr-nya (sekolah) sudah ditugasin tapi aku enggak mengerti gimana cara email gurunya', dia enggak bisa attachment yang gitu-gitu, jadi kita mau enggak mau jadi kayak ada trouble shooting," katanya.

Oleh sebab itu, Dian Sastro harus meminta pengertian teman kerja karena di saat bersamaan harus turun tangan membantu tugas sang anak.

"‘Oke sebentar di-print dulu, di-scan dulu, diapain dulu', jadi bolak-balik juga. Akhirnya minta pengertian dari temen-temen kerja juga, ‘maaf kalo jam segini dari jam segini saya suka hilang-hilang trouble shooting ke ruang belajar’ gitu,” ujar Dian Sastro.

Diketahui, pemerintah memang mengimbau agar bekerja dari rumah guna menekan angka penyebaran virus corona.

Baca juga: Unggah Foto Lawas, Dian Sastro Ungkap Sosok Eyang Buyutnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com