Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2020, 08:14 WIB
Rintan Puspita Sari,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - India menjadi salah satu negara yang memutuskan untuk melakukan lockdown demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Tragedi kemanusiaan yang terjadi di India saat diberlakukan lockdown membuat bintang Bollywood Shah Rukh Khan angkat bicara.

Baca juga: 5 Film Shah Rukh Khan Ini Cocok Temani Social Distancing

Bukan hanya itu, dia bahkan sempat menjadi sasaran hujatan karena masalah donasi, bagaimana cerita lengkapnya, simak rangkumannya berikut.

Sebarkan optimisme

Melalui akun Twitter-nya, bintang film berusia 54 tahun itu membagikan pesan yang berisi tentang kondisi India saat ini.

Ia juga menyuntikkan semangat kepada para penggemarnya bahwa semua ini akan berlalu.

Baca juga: India Lockdown, Shah Rukh Khan Tetap Optimis

"Saya percaya saat ini dalam hidup kita, akhirnya menjadi sebuah kenangan, di saat kita memiliki waktu dan orang-orang terkasih dipelukan," tulisnya di Twitter @iamsrk.

"Di sini berdoa untuk semua orang, tetap selamat, jaga jarak, tetap sehat. PS: foto selfie-nya tidak ada kaitan dengan pesan, karena terlihat baik, jadi saya selipkan di dalamnya," tulis Shah Rukh Khan yang mengunggah swafoto bersama dengan pesannya.

Beri donasi dan pinjamkan gedung

Shah Rukh Khan menunjukkan rasa cinta terhadap negaranya yang sedang kesulitan dengan memberikan donasi ke beberapa yayasan untuk membantu menangani corona.

Baca juga: Dihujat Tak Berdonasi, Shah Rukh Khan Sumbangkan Gedung untuk Karantina Covid-19

Ia juga memberikan pinjaman gedung empat lantai miliknya sebagai tempat karantina.

Kabar tersebut diunggah di akun Twitter resmi Brihanmumbai Municipal Corporation (BMC) @mybmc yang menyampaikan rasa terima kasih pada Shah Rukh Khan.

"Kami berterima kasih pada @iamsrk dan @gaurikhan telah menawarkan kantor empat lantai mereka untuk membantu memperluas kapasitas karantina lengkap dengan keperluan untuk karantina anak, wanita, dan orang tua," tulis BMC dalam kicauannya.

Baca juga: Shah Rukh Khan Dituding Tak Berdonasi Cegah Corona di India, Begini Faktanya...

Sempat dihujat karena donasi

Bukan karena tak berdonasi, Shah Rukh Khan dihujat karena dianggap telah melakukan donasi, tapi bukan ke negaranya.

Semua berawal dari potongan video yang menyebut bahwa Shah Rukh Khan telah berdonasi ke Pakistan.

Potongan video tersebut lantas dijadikan senjata untuk menyerang Shah Rukh Khan di media sosial.

Baca juga: [POPULER HYPE] Hati Rara Sekar Hancur Lihat Suami Isyana Sarasvati | Shah Rukh Khan Sumbangkan Gedung Atasi Corona

"Lihat Shah Rukh Khan mendukung Pakistan, dia mendonasikan 45 crore rupees dan dia tidak mendonasikan 1 rupee pun untuk orang India," tulis seorang warganet.

"i," tulis yang lain.

Namun ternyata, setelah dilakukan penyelidikan, video yang ramai beredar itu sebenarnya di luar konteks. Video tersebut dipotong dan merupakan pemberitaan dari tahun 2017 yang juga salah.

Menurut TheLallantop.com, dari penyelidikan ditemukan bahwa Shah Rukh Khan sama sekali tidak pernah memberi donasi apa pun ke Pakistan, baik pada 2017 atau pun saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com