Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didiet Maulana Buka Donasi Bantu Rumah Sakit yang Tangani Pasien Covid-19

Kompas.com - 24/03/2020, 20:14 WIB
Melvina Tionardus,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perancang busana Didiet Maulana mengatakan, masyarakat biasa atau profesi lain bisa mengikuti imbauan pememrintah untuk berada di rumah saja saat wabah virus corona.

Namun, tidak dengan petugas medis dan pekerja rumah sakit.

Baca juga: Galang Dana Hadapi Corona, Marion Jola Gelar Konser Live di Instagram

"Sedangkan di sisi lain pihak rumah sakit dan dokter, tenaga medis segala macam mati-matian lho berjaga di garda depan. Keselamatan mereka sudah enggak mereka pikirin, yang penting orang bisa sehat," ucap Didiet saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (24/3/2020).

Didiet pun membuka donasi seperti tulisan dalam foto yang diunggahnya di akun Instagram-nya @didietmaulana.

Baca juga: Slank Galang Dana untuk Pedagang Kaki Lima yang Kena Dampak Covid-19

"Saya tergerak untuk membantu para pahlawan garda depan, dokter dan tenaga medis. Kemarin dan tadi pagi saya baru selesai meeting dengan kepala Rumah Sakit Pelni dan RSU Tangerang juga, bagaimana bisa membantu," kata Didiet.

Ada tiga jenis donasi yang bisa diberikan masyarakat, yakni uang, alat perlindungan diri, dan makanan.

"Jadi, satu adalah donasi berupa uang yang akan saya salurkan langsung ke dua rumah sakit ini. Yang kedua adalah bantuan berupa APD, yaitu alat pelindung diri yang bisa langsung disalurkan ke rumah sakit tersebut, dan ketiga juga bisa bantuan makanan," jelas Didiet.

Baca juga: Andrea Dian Galang Dana di Tengah Isolasi dan Ajak Masyarakat Tetap di Rumah

Kata Didiet, bantuan makanan tersebut dibutuhkan lantaran saat ini para kurir dengan ojek online sudah berkurang yang mau mengantarkan pesanan ke rumah sakit.

"Karena banyak sekali driver ojol juga takut sekarang ngirim makanan ke rumah sakit. Jadi bantuan makanan juga diperlukan gitu," sambungnya.

Kedua rumah sakit tersebut dipilih Didiet karena merupakan rumah sakit rujukan pemerintah untuk penanganan pasien virus corona.

Baca juga: Positif Covid-19, Andrea Dian Galang Dana untuk Tenaga Medis dan Pasien Corona

Donasi uang tersebut dapat dikirim ke rekening BCA 2611905761 A/N Maharditya Maulana dengan menambahkan angka 1 di belakang donasi anda. Contohnya: Rp 10.001.

Sementara bantuan APD dan makanan bisa diserahkan langsung ke RS Pelni dengan penanggung jawab bernama Laili Fathiyah dan RSU Tangerang dengan dokter Rifki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com