Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2020, 16:21 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Angga Dwimas Sasongko berharap bioskop-bioskop Tanah Air bisa memiliki fasilitas untuk para penyandang difabel.

Sehingga, mereka yang menyandang tunanetra dan tunarungu bisa ikut menikmati pengalaman menonton film bioskop.

Baca juga: Angga Dwimas Sasongko Senang Film NKCTHI Dinikmati 40 Penyandang Tunanetra

"Sebenarnya kalau harapan saya tentu bioskop, cinema itu bisa jadi tempat yang inklusif gitu. Makin banyak bioskop yang menyediakan akses untuk difabel," kata Angga saat ditemui di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020).

"Termasuk bagaimana film-film ini menyediakan clue caption untuk teman-teman tunarungu, menyediakan event-event teater bisik untuk teman-teman tunanetra," sambungnya.

Baca juga: Cerita Seru Syifa Hadju Jadi Relawan Pembisik untuk Penyandang Tunanetra

Sebagai pegiat film, Angga bersama rumah produksinya, Visinema Pictures ikut menjadi bagian dalam mewujudkan harapan itu.

Bersama Kitabisa.com, Angga menghadirkan 40 teman netra didampingi 40 pembisik untuk menonton Film Nanti Kita Cerita Hari Ini.

"Nah, teman-teman tunanetra kan tetap bisa menikmati sensasi suaranya 7.1 detail suara yang kita ciptakan, tapi keterbatasan mereka yang tidak bisa melihat visual itu diwakilin dengan deskripsi yang diceritakan oleh para pembisik," sambung Angga.

Baca juga: Usai Nonton NKCTHI, Rio Dewanto Ajak Atiqah Hasiholan Punya Banyak Anak

Selain teman netra, film NKCTHI juga menyediakan subtitle bahasa Indonesia bagi para penyandang tunarungu di bioskop di beberapa kota.

"Salah satunya juga dibanyak kota kita merilis clue captions sehingga teman-teman Tunarungu juga bisa menikmati filmnya," ujar Angga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com