Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlahir Setengah Tuli, Pamungkas Hanya Paham Bahasa Musik

Kompas.com - 04/12/2019, 18:44 WIB
Rintan Puspita Sari,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Rizky Pamungkas atau akrab dikenal dengan nama Pamungkas, terlahir dalam kondisi setengah tuli.

Memiliki kekurangan, justru membuat pelantun "I Love You But I'm Letting Go" ini lebih akrab dengan dunia musik.

Baca juga: Merakit dengan Bahasa Isyarat, Yura Yunita: Musik Harusnya Bahasa Universal

Dalam video Billboard Spotlight yang diunggah Billboard Indonesia melalui akun YouTube mereka, Pamungkas menceritakan makna musik dalam hidupnya.

"Musik satu-satunya bahasa yang saya pahami dan itu membentukku untuk menjadi di mana saya dan siapa saya saat ini," ucap Pamungkas lewat voice over.

"Dan saya yakin bahwa itu tidak akan pernah sama, jika bukan karena musik," ucap penyanyi 26 tahun itu lagi masih melalui voice over.

Baca juga: Gandeng Vanesha Prescilla, RAN Tanggalkan Ceria dalam Video Musik Saling Merindu


Pamungkas yang sudah memiliki kondisi setengah tuli pada bagian telinga kirinya itu, menganggap musik saat ini adalah mesin waktu yang akan menjadi penghubung masa lalu dan masa depan.

"Sekarang, buat saya (musik) adalah mesin waktu yang bisa membuatmu, membawa ke masa lalu, tapi juga ketika lo denger lagu itu membuat kamu berpikir tentang masa depan," kata Pam.

"Mungkin membayangkan sesuatu. Tapi lagi-lagi, kamu ada di masa kini, jadi ini seperti penghubung antara zaman dulu, masa depan dan hari ini," kata Pam.

Baca juga: Cerita Morgue Vanguard Terjun ke Musik Hip Hop

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com