Cerita Morgue Vanguard Terjun ke Musik Hip Hop

Kompas.com - 04/12/2019, 14:57 WIB
Morgue Vanguard saat diwawancarai oleh Billboard Indonesia lewat kanal Bidik layar YouTube Billboard IndonesiaMorgue Vanguard saat diwawancarai oleh Billboard Indonesia lewat kanal

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi hip hop Herry Sutresna alias Morgue Vanguard menceritakan awal karier di industri musik Tanah Air.

Seperti dikutip Kompas.com dari tayangan YouTube Billboard Indonesia, Rabu (4/12/2019), Morgue Vanguard mulai menceritakan awal ketertarikan digenre musik hip hop.

Pria asal Bandung ini menyukai musik hip hop pada 1983. Di era tersebut, musik hip hop menjalar masuk Indonesia.

Baca juga: Korn Jadi Inspirasi Tuan Tigabelas Bermusik dan Cintai Hip Hop

Berangkat dari hal tersebut, Morgue Vanguard mencari tahu mengenai musik itu.

“Mulai tahu (musik) hip hop tahun itu tahu 1983 atau 1984 lah. Pas pertama kali breakdance masuk Indonesia, saya kelas 3 SMA,” kata Morgue Vanguard.

"Waktu itu memang wajar mengenal hip hop di era tersebut. Saya mengenal satu pattern olah vokal, rap dari breakdance,” sambungnya.

Setelah mulai mengenal musik hip hop, Morgue Vanguard mulai mengenal ajang kompetisi. Hingga akhirnya dia berkenalan dengan peserta lain dan terbentuklah grup Homocide.

Baca juga: Asian Sound Syndicate Kenalkan Musisi Hip Hop Indonesia di Mata Asia

“Sebenarnya mulai perform setelah lulus SMA. Itu perform di kompetisi rap fahun 1993 lah era itu. Kalau bisa dibilang gelombang kedua hip hop datang ke Indonesia. Nah di era itu saya mulai manggung dan ketemu sama yang lain-lain bikin Homocide,” tuturnya.

Sayang Homicide telah bubar sejak 2007 silam. Ucok alias Morgue Vanguard kembali bercerita, dia mulai membuat karya sendiri dan berkolaborasi dengan yang lain sejak 2014.

“Pendek cerita Homocide bubar di 2007 dari sejak itu bikin materi sendiri. Saya semacam bikin kolaborasi dan ngeluarin album tahun 2014.

“Setelah itu bikin lagi Bars of Death bareng Aji dan Ilham juga sampe sekarang belum rilis album. Di samping itu saya ngerilis album bareng Doyz 2018 kemarin,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X