Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2024, 12:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cokelat merupakan salah satu warna yang kini banyak digunakan untuk menghias rumah. Warna cokelat membuat rumah terlihat lebih menarik, hangat dan nyaman. 

Tak hanya itu, cokelat juga termasuk warna netral, sehingga bisa dipadukan dengan gaya desain apapun. 

Baca juga: 4 Ide Dekorasi Kamar Mandi dengan Warna Cokelat

Pilihan warna cokelat juga sangat beragam dan bisa memberikan kesan yang berbeda. Misalnya, warna cokelat tua memberikan kesan gelap dan murung, sedangkan warna cokelat muda membuat ruangan terasa lebih terang dan modern. 

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (18/5/2024), berikut ini cara menghias rumah dengan warna cokelat agar terlihat cantik dan menarik. 

Memasang tirai berwarna cokelat di ruang tamu

Ilustrasi gorden warna coklat muda. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi gorden warna coklat muda.

Warna cokelat bisa ditampilkan di ruang tamu. Misalnya, dengan menggunakan tirai cokelat yang tinggi hingga sampai ke lantai. 

Padukan tirai cokelat dengan sofa beludru dan ottoman kulit berwarna senada. Meski menggunakan warna yang senada, tekstur dari material yang berbeda seperti kulit dan beludru membuat ruangan tidak terasa membosankan. 

Baca juga: 7 Warna Gorden yang Cocok untuk Dinding Kuning

Tempelkan wallpaper berwarna cokelat tua di ruang makan

Warna cokelat tak hanya bisa digunakan di ruang tamu, namun bisa juga ditampilkan di ruangan lain seperti ruang makan. 

Di ruang makan, warna cokelat bisa ditampilkan pada wallpaper yang dipadukan dengan lantai kayu berwarna senada dan langit-langit dicat dengan warna abu-abu. 

Perpaduan wallpaper, lantai kayu, dan plafon berwarna gelap akan memberikan kesan murung dan misterius di ruangan tersebut. 

Tambahkan kursi beludru di ruangan tersebut untuk membuat ruangan terasa lebih nyaman dan hangat. 

Baca juga: 5 Desain Wallpaper yang Membuat Dapur Terlihat Mencolok

Letakkan ornamen dekorasi di dekat sofa cokelat

Selanjutnya, cara menghias rumah dengan warna cokelat yaitu meletakkan dekorasi di dekat sofa cokelat. 

Misalnya, meletakkan tanaman hias, meja kopi, atau keranjang kayu di samping sofa. Dekorasi yang ditempatkan di dekat sofa membuat ruangan terlihat lebih estetik dan menarik. 

Menambahkan panel dinding berwarna cokelat

Panel dinding berwarna cokelat membuat ruangan terlihat lebih elegan. Tak hanya itu, panel dinding juga bisa menciptakan kedalaman dan dimensi di dalam ruangan. 

Untuk mencerahkan suasana, panel dinding cokelat bisa dipadukan dengan sofa warna-warni, karpet bermotif, dan aksen kuningan yang mengkilap. 

Baca juga: 5 Ide Panel Dinding yang Membuat Ruangan Lebih Cantik

Padukan warna cokelat dengan warna hijau zamrud

Dekorasi ruangan dengan dinding hijau zamrud dan lantai kayuShutterstock/Ground Picture Dekorasi ruangan dengan dinding hijau zamrud dan lantai kayu

Perpaduan warna cokelat dan hijau zamrud ternyata bisa membuat ruangan terlihat cantik. Kombinasi dua warna ini mengingatkan pada alam terbuka yang membuat ruangan terasa lebih asri. 

Warna cokelat bisa ditampilkan pada furnitur dan karpet, sedangkan hijau zamrud dapat ditampilkan pada dinding ruangan. 

Itulah beberapa cara menghias rumah dengan warna cokelat. Kombinasi yang apik antara warna cokelat dengan ornamen dekorasi lain membuat rumah terlihat lebih estetik dan menarik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com