Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Buah yang Dapat Membawa Keberuntungan Saat Imlek

Kompas.com - 08/02/2024, 15:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain hidangan keberuntungan, buah-buahan juga menjadi bagian penting dari Tahun Baru Imlek.

Buah memiliki makna khusus selama Tahun Baru Imlek sehingga wajib disajikan karena diyakini dapat membawa keberuntungan di rumah.

Disadur dari China Highlights dan Top China Travel, Kamis (8/2/2024), berikut buah yang dapat membawa keberuntungan saat Imlek 2024 dan bisa digunakan sebagai dekorasi. 

Baca juga: 3 Ruangan yang Wajib Didekorasi untuk Menyambut Imlek

Jeruk - kelimpahan dan kebahagiaan

Ilustrasi jeruk. Konsumsi buah asam dengan buah manis dalam satu waktu dapat menimbulkan masalah pencernaan.Shutterstock/Nitr Ilustrasi jeruk. Konsumsi buah asam dengan buah manis dalam satu waktu dapat menimbulkan masalah pencernaan.
Jeruk sangat populer dan sejak beberapa minggu sebelum Festival Musim Semi, orang akan melihat pot-pot tanaman dengan miniatur jeruk (mungkin juga pohon Kumquat) bermekaran.

Jeruk terlihat seperti matahari dan selaras dengan prinsip Yang (positif), sehingga menjadi simbol yang sangat menguntungkan dari kelimpahan dan serta kebahagiaan.

Semak dalam pot sangat ideal untuk dekorasi dalam ruangan selama Tahun Baru Imlek dan tersedia di semua pasar bunga. Jeruk mewakili "pohon keberuntungan yang berbuah". 

Sudah menjadi tradisi meletakkan jeruk mandarin bersama dengan amplop merah di samping bantal anak-anak di setiap rumah tangga Tionghoa untuk membawa keberuntungan bagi mereka.

Jeruk mandarin juga ditempatkan di wadah nasi keluarga untuk membawa berkah bagi keluarga serta sebagai hadiah. 

Baca juga: 5 Dekorasi Tahun Baru Imlek yang Membawa Keberuntungan

Semangka - kekayaan dan kemakmuran

Selanjutnya,  buah yang dqpat membawa keberuntungan saat Imlek 2024. Semangka dianggap sebagai sumber kekayaan. Ini adalah simbol kesuburan karena banyaknya biji yang dikandungnya

Apel - harmoni dan kedamaian

Ilustrasi apel.PIXABAY/LEOPICTURES Ilustrasi apel.
Dalam budaya Tionghoa, kata untuk apel, "ping guo", adalah homofon dari kata "ping", yang berarti kedamaian atau ketenangan.

Jadi, apel melambangkan harapan untuk perdamaian. Apel hijau melambangkan uang dan apel merah melambangkan kemakmuran serta kelimpahan. 

Baca juga: Bawa Hoki, Ini 3 Warna Terbaik untuk Mendekorasi Rumah Saat Imlek

Anggur - kekayaan dan keberuntungan

Anggur dikenal sebagai buah yang mewah dan sering dimakan para bangsawan. Tak heran, anggur menjadi buah yang dapat membawa keberuntungan saat Imlek dan bisa digunakan sebagai dekorasi.

Anggur melambangkan kekayaan, keberuntungan, kesuburan, juga kemakmuran.

Karena anggur biasanya datang dalam tandan, ini adalah simbol kelimpahan dan panen yang baik. Ini berarti keberuntungan akan selalu menyertai Anda.

Selain itu, tidak peduli anggur ungu atau hijau yang Anda pilih, maknanya sama bagusnya. Ungu untuk rasa hormat dan keanggunan, sedangkan hijau untuk vitalitas dan kemakmuran. 

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek, dari Hal Takhayul dan Pacar Sewaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com