Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2023, 15:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak tema dekorasi Natal yang membuat suasana rumah saat Natal terasa berbeda. Salah satu tema dekorasi Natal yang bisa dipilih yaitu tema vintage.

Dekorasi Natal vintage akan membuat rumah terlihat cantik dan menarik. Tak hanya itu, dekorasi vintage juga dapat menghadirkan kembali kenangan Natal di masa lalu.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal Luar Ruangan yang Meriah

Ada beberapa ornamen dekorasi yang bisa digunakan untuk menghadirkan suasana vintage saat Natal. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (9/12/2023), berikut ini ide dekorasi Natal vintage yang membuat suasana rumah lebih menyenangkan.

Ornamen antik

ilustrasi dekorasi Natal vintageShutterstock/Yuganov Konstantin ilustrasi dekorasi Natal vintage

Ornamen antik yang terbuat kaca akan memberikan sentuhan meriah pada dekorasi Natal klasik. Ornamen antik dengan warna pelangi ini bisa dipasang di atas pohon Natal.

Meski klasik, ornamen antik tetap bisa dipadukan dengan ornamen baru yang modern. Perpaduan ornamen ini akan membuat tampilan dekorasi Natal semakin menarik.

Mug Santa Claus

Mug berbentuk Santa Claus juga menjadi salah satu ide dekorasi Natal vintage yang menarik. Mug ini bisa diletakkan pada rak atau meja makan berdampingan dengan alat makan lain.

Selain sebagai ornamen dekorasi, mug Santa Claus juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati coklat panas yang membuat suasana Natal semakin terasa hangat.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal Modern yang Bisa Dicoba Tahun Ini

Pohon Natal yang terbuat dari kaca

Menghias meja dengan pohon Natal kaca akan memberikan sentuhan vintage di dalam rumah. Pohon Natal kaca ini bisa dipadukan dengan dengan foto liburan atau karya seni vintage. Beberapa botol berwarna-warni juga akan membuat tampilan rumah semakin cantik.

Patung manusia salju

Patung manusia salju sudah sejak dahulu digunakan sebagai dekorasi Natal. Di tahun 1950-an, dekorasi Natal ini banyak diletakkan di halaman depan rumah.

Patung manusia salju biasanya terbuat dari plastik yang diterangi dengan bola lampu, sehingga terlihat bersinar dari dalam patung. 

Bola lampu antik

Lampu Natal tak hanya digunakan untuk menghias pohon Natal. Lampu ini juga bisa diletakkan bersama barang-barang kecil lainnya yang dapat memberikan kesan vintage.

Bola lampu Natal yang antik bisa dikumpulkan pada satu wadah yang sama. Lalu, letakkan di atas meja bersama dengan kado Natal.

Baca juga: Mau Memasang Lampu Natal? Ini yang Harus Diperhatikan

Tempat lilin dan patung dari kuningan

Tempat lilin dan patung kuningan sebagai dekorasi NatalShutterstock/Kolpakova Svetlana Tempat lilin dan patung kuningan sebagai dekorasi Natal

Ide dekorasi Natal vintage lainnya adalah memasang tempat lilin dan patung dari material kuningan. Kamu bisa meletakkan patung kuningan berbentuk rusa agar dapat menciptakan suasana hutan yang alami.

Letakkan juga tanaman hias di atas patung agar tampilannya semakin alami. Lengkapi tampilan dengan tempat lilin kuningan dan lilin berwarna putih. Ornamen ini bisa diletakkan di atas meja makan maupun meja lain.

Cermin antik

Cermin antik juga cocok dihadirkan pada konsep dekorasi Natal antik. Pasangkan cermin antik dengan dekorasi Natal kuno lainnya seperti pohon dan kaus kaki Natal untuk memberikan sentuhan sederhana.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Natal Modern yang Segar dan Cantik

Kereta luncur dari kayu

Kereta luncur dari kayu juga bisa menjadi salah satu ide dekorasi Natal vintage. Kereta luncur antik ini bisa diletakkan di bawah pohon Natal. Letakkan kado di atas kereta luncur tersebut untuk menambah kesan vintage pada ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com