Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Anjing Asal Australia, Kuat dan Pekerja Keras

Kompas.com - 13/03/2023, 20:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pure Wow

JAKARTA, KOMPAS.com - Australia adalah benua tempat kelahiran banyak ras anjing pekerja keras. Ras anjing asal Australia, yang sangat bervariasi dalam ukuran, bentuk, dan perilaku, tahu cara bekerja keras dan bermain.

Dikutip dari Pure Wow, Senin (13/3/2023), untuk memahami mengapa ras anjing asal Australia sangat cerdas dan pekerja keras, Anda harus mengetahui sedikit sejarahnya. Imigran Inggris dan Eropa berkelana ke Australia pada tahun 1700-an dan 1800-an dengan harapan menghasilkan uang dengan ternak.

Untuk menggembala hewan ternak, anjing seperti Collie, Deerhound, dan Foxhound menemani para pemukim. Namun, mereka dengan cepat menyadari banyak anjing tidak cocok dengan iklim Australia yang panas.

Baca juga: 10 Ras Anjing Asal Belanda, Ada yang Hampir Punah karena Perang

Ilustrasi ras anjing Australian cattle dog.PIXABAY/6591713 Ilustrasi ras anjing Australian cattle dog.

Jadi, para pemukim mulai membiakkan anjing yang mereka kenal dan percayai seperti Collie, Deerhound, dan Foxhound dengan anjing liar, seperti Dingo, atau ras anjing lain untuk mencapai kombinasi ideal untuk iklim Australia.

Berikut beberapa ras anjing asal Australia yang menarik untuk disimak.

1. Australian Cattle Dog

Australian Cattle Dog adalah anjing yang sangat cerdas dan energik. Mereka dibiakkan untuk menggembalakan ternak dan membutuhkan banyak latihan mental dan fisik.

Meski waspada terhadap orang asing, kesetiaan kepada pemiliknya adalah sifat penting anjing ini. Anjing pekerja keras ini dibiakkan oleh pemukim Inggris pada tahun 1800-an yang menyilangkan anjing penggembala mereka dengan Dingo Australia liar untuk menciptakan ras anjing yang lebih cocok untuk iklim Australia.

Baca juga: Sama-sama dari Jepang, Ini Perbedaan Anjing Akita Inu dan Shiba Inu

Banyak anjing Australian Cattle Dog memiliki warna merah yang kaya bercampur dengan warna kebiruan, abu-abu, dan cokelat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com