Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Unik Kucing Savannah, Mirip Macan Tutul dan Tidak Takut Air

Kompas.com - 02/08/2022, 18:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing Savannah merupakan ras campuran hasil perkawinan silang antaran kucing liar Afrika, Serval, dan kucing peliharaan Siam. 

Nama Savannah diambil sesuai dengan habitat Serval dan keindahannya menggemakan kemegahan subur dataran emas di Afrika. 

Baca juga: 7 Fakta Unik Kucing Savannah yang Mirip Macan Tutul

Sama dengan Serval, kucing Savannah memiliki tampilan tinggi kurus dengan kaki panjang, telinga besar, dan leher panjang. 

Bulunya memiliki pola berbintik khas yang memberikan daya tarik liar dari warisan kucing Afrika sambil menjaga sikap ramah dari kucing Siam. Hal ini membuat tampilan kucing Savannah seperti macan tutul. 

Namun, berbeda dengan serval, kucing Savannah sangat penyayang dan mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain serta anak-anak yang lebih besar.

Karena keturunan hibrida mereka, kucing Savannah tidak dapat dimiliki secara legal di banyak lokasi dan ilegal untuk dimiliki di beberapa wilayah atau negara. 

Kucing Savannah menyimpan sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui. Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022), berikut lima fakta unik kucing Savannah

Baca juga: Mirip dengan Macan Tutul, Kucing Savannah Dihargai Rp 350 Juta 

Sejarah kucing Savannah

Ilustrasi ras kucing Savannah. Shutterstock/Kolomenskaya Kseniya Ilustrasi ras kucing Savannah.
Kucing Savannah merupakan keturunan dari persilangan antara serval jantan dan kucing siam betina. Kucing Savannah merupakan ras yang relatif baru. 

Dikutip dari The Spruce Pets, kucing Savannah pertama lahir pada awal 1980-an. Ras kucing ini dibiakkan Judy Frank, seorang peternak kucing Bengal yang berlokasi di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS).  

Meski relatif baru, kucing Savannah sangat populer. Ada lusinan peternak Savannag di Amerika Utara dan lebih dari 60 peternak di seluruh dunia. 

Kucing Savannah pun mulai didaftarkan pada berbagai organisasi kucing, termasuk The International Cat Association  pada 2001 dan The International Progressive Cat Breeders' Alliance. 

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Tidak Takut Air dan Bisa Berenang

Kucing tertinggi di dunia 

Ilustrasi kucing Savannah.Shutterstock/Eric Isselee Ilustrasi kucing Savannah.
Selanjutnya, fakta unik kucing Savannah adalah memiliki tubuh sangat tinggi dan ramping dibanding kucing lainnya.

Dilansir dari Daily Paws, kucing Savannah dapat memiliki tinggi 43 sentimeter dan dinobatkan sebagai kucing domestik tertinggi di dunia oleh Guinness Book of World Records sebanyak dua kali. 

Pertama, disadur Undercover Pet houses, seekor kucing Savannah bernama Trouble mengambil gelar sebagai Kucing Domestik Tertinggi pada 2013 dengan tinggi 48 sentimeter, dari bahu hingga ujung kaki.

Penghargaan kedua disabet kucing Savannah bernama Arcturus pada 2017. Arcturus mampu berdiri lebih dari 48 sentimeter. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com