Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Permukaan Kaca Tergores, Pakai Pasta Gigi hingga Cat Kuku

Kompas.com - 17/02/2022, 10:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur yang terbuat dari lapisan bahan kaca seperti meja kopi, meja makan, atau bahkan pintu shower kaca dapat tergores tanpa disadari.

Penyebabnya beragam, mulai dari alat pembersih abrasif, pot tanaman terakota, tatakan gelas yang bergesekan dengan meja dapat meninggalkan goresan. 

Namun, dilansir dari Real Homes, Kamis (17/2/2022), Anda dapat menggunakan beberapa bahan dan produk rumah tangga pilihan, mulai dari pasta gigi, hingga soda kue dan bahkan cat kuku untuk membersihkan barang-barang kaca di dalam rumah. 

Baca juga: Jangan Bersihkan Kaca Jendela Saat Cuaca Cerah, Ini Alasannya

Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah.

1. Gunakan baking soda atau soda kue

Baking soda atau soda kue sering digunakan sebagai alat untuk memoles kaca di sekitar rumah karena tidak hanya berfungsi pada permukaan kaca yang halus dan tempered glass, tetapi juga bahan pembersih yang alami dan tidak agresif.

Untuk mengaplikasikannya, buat pasta soda kue yang akan berfungsi sebagai semir kaca.

Cukup campurkan soda kue dan air dengan perbandingan yang sama, sekitar setengah cangkir dalam mangkuk kecil sampai Anda mendapatkan pasta kental mirip dengan pasta gigi.

Kemudian ambil kain mikrofiber, pastikan permukaan Anda bersih dan kering, lalu mulailah bekerja sedikit ke area yang tergores.

Baca juga: Wadah Plastik Vs Kaca, Mana Lebih Baik untuk Penyimpanan di Kulkas?

Gosok ini selama beberapa menit, menggunakan gerakan melingkar dan kemudian bersihkan residu dengan kain lembap dan keringkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com