Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut pada Kucing

Kompas.com - 15/05/2021, 14:12 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak memiliki kemampuan untuk menyikat gigi seperti manusia menjadi alasan kuat mengapa kucing bisa mengalami permasalahan bau mulut.

Bau mulut yang dialami kucing peliharaan tentu terasa mengganggu bagi pemiliknya, terlebih saat menggendong dan memanjakannya. 

Baca juga: Ketahui, Ini Bagian Tubuh yang Disukai Kucing Saat Dibelai

Jadi, penting menyingkirkan bau mulut yang dialami kucing peliharaan agar membuat mereka benar-benar terawat seutuhnya. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (15/5/2021), berikut ini penyebab dan cara menghilangkan bau mulut pada kucing. 

Baca juga: Cegah Kerusakan, Ini Cara untuk Hentikan Kucing Menggaruk Furnitur

Penyebab Kucing Bau Mulut 

Halitosis merupakan bau mulut yang dialami kucing. Meski kerap menyalahkan makanan kucing sebagai penyebabnya, sumber bau sebenarnya berasal dari bakteri di mulut kucing.

Namun, hindari menggunakan antibiotik untuk menyegarkan napas kucing. Peru diketahui bahwa tidak semua bakteri itu buruk. Beberapa di antaranya diperlukan untuk membantu memecah makanan kucing. 

Baca juga: Bulu Kucing Rontok? Ini Penyebabnya

Bakteri bekerja dengan air liur, menghasilkan enzim yang memulai proses pencernaan. Selama proses tersebut, senyawa yang dihasilkan berbau busuk. Masalah bau mulut kucing kemudian bertambah parah ketika terlalu banyak bakteri yang berkeliaran di mulutnya. 

Saat bakteri tambahan menumpuk di mulut kucing, mereka membentuk lapisan di sekitar gigi yang disebut plak. Jika tidak ditangani, plak bercampur dengan mineral dalam air liur dan mengeras menjadi karang gigi. 

Baca juga: Bukan Ingin Dimanja, Ini Alasan Kucing Menggosok Kepala ke Pemiliknya

Saat karang gigi menebal, gusi di sekitar gigi menyusut, memperlihatkan akar gigi, dan mengakibatkan kerusakan gusi dan gigi.

Proses kerusakan gigi dan gusi ini dikenal sebagai penyakit periodontal. Sebanyak 85 persen kucing memiliki beberapa bentuk penyakit periodontal saat mereka berusia tiga tahun. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Mengendus Semua Benda yang Berbau Tak Sedap

Cara Menghilangkannya 

Ada beragama cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut pada kucing. Beberapa bau mulut dapat diatasi dengan melakukan pembersihan, beberapa di antaranya harus melakukan tindakan medis. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bau mulut pada kucing. 

Pembersihan Gigi Profesional

Ini bukan langkah yang bisa dikerjakan di rumah. Anda harus membuat janji dengan dokter hewan untuk melakukan pembersihan gigi profesional. 

Baca juga: Kucing Mencakar Saat Dibelai? Ini Penyebabnya

Pembersihan gigi profesional akan membuat napas kucing lebih segar dan mulai dengan tampilan gigi yang lebih bersih. Lakukan cara ini apabila masalah bau mulut pada kucing sudah begitu parah.

Menyikat gigi kucing

Tidak ada yang lebih berhasil untuk menyegarkan napas kucing selain menyikat gigi secara teratur. Karena ukuran giginya yang kecil, sikat gigi kucing menggunakan jari telunjuk atau sikat gigi khusus kucing yang sesuai. Sikatlah gigi kucing secara lembut. 

Baca juga: Kapan Mata Anak Kucing Terbuka? Simak, Ini Penjelasannya

Jika kamu belum pernah menyikat gigi kucing sebelumnya, lakukan dengan perlahan agar kucing dapat belajar mentoleransi prosesnya. Ingat, pilih pasta gigi dan sikat gigi yang memang diperuntukkan khusus kucing, bukan digunakan manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com