Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2021, 08:09 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamu tentu ingin melihat kucingmu sehat dengan bulu yang lebat. Untuk itu, bulu pada kucing harus dirawat agar tak cepat rontok dan kucing tetap tampil menggemaskan.

Meskipun ada beberapa penyebab rambut rontok yang tidak dapat dikendalikan, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk membantu memastikan kulit dan bulu kucing tetap sehat.

Berikut adalah cara mencegah bulu rontok pada kucing seperti dilansir dari Love to Know, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Simak, 13 Penyebab Bulu Kucing Rontok

1. Beri makanan yang bergizi

Cara terbaik untuk menghindari rambut rontok yang disebabkan oleh alergi makanan atau pola makan yang buruk adalah dengan memberi kucing makanan yang sehat sejak awal.

Pilih makanan tinggi protein dimana bahan pertama adalah daging, sebaiknya salmon atau kalkun. Daging lain, seperti daging sapi atau bahkan ayam, mungkin tidak memberi kucing semua nutrisi yang diperlukan.

Makanan terbaik memiliki bahan yang paling mudah dicerna untuk menjaga kesehatan kucing. Salmon dan ikan segar sama-sama dianggap daging yang akan dimakan kucing tanpa campur tangan manusia, dan keduanya menawarkan protein yang paling mudah dicerna untuk kucing.

Beberapa dokter hewan memperingatkan bahwa makanan berbahan dasar ikan dapat menyebabkan hipertiroidisme.

Baca juga: Mengapa Kucing Tiba-tiba Menjadi Agresif? Ini Penyebabnya

Namun, hal ini umumnya hanya terjadi pada makanan yang sangat rendah. Untuk menghindari gangguan ini, perbanyak diet kucing dengan suplemen Vitamin E dan Vitamin B.

2. Berikan lingkungan yang sehat

Jika kamu membiarkan kucing menikmati alam bebas, pastikan mereka sudah mendapatkan semua vaksinasi terbaru.

Hal ini tidak hanya akan mencegah kucing mengalami penyakit yang dapat dicegah yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, vaksinasi juga akan mencegah penyakit yang jauh lebih serius dan mungkin fatal.

3. Gunakan perawatan pencegahan

Untuk kucing yang sering pergi ke luar ruangan, gunakan perawatan pencegahan yang melindungi dari semua parasit termasuk kutu, tungau, cacing, kurap, dan kutu. Pastikan pencegahan yang kamu gunakan diformulasikan khusus untuk kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com