Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Isfahan Iran Dilaporkan Tenang dan Aman Pascaledakan Diduga Serangan Israel

Kompas.com - 19/04/2024, 12:11 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

TEHERAN, KOMPAS.com - Kantor berita semi-resmi Iran, Mehr News Agency, melaporkan bahwa pusat kota Isfahan benar-benar tenang dan aman, beberapa jam setelah ledakan yang dilaporkan terjadi di dekat bandara kota tersebut.

"Orang-orang menjalani kehidupan normal mereka," menurut laporan televisi langsung, yang menunjukkan lalu lintas pagi hari di persimpangan utama kota.

Namun, laporan tersebut mengatakan bahwa suara-suara terdengar di atas kota di Isfahan beberapa jam sebelumnya, dan menambahkan bahwa beberapa miniatur tiga benda terbang kecil ditembak jatuh.

Baca juga: Jawaban Militer Israel Saat Ditanya soal Serangan dan Ledakan di Iran 

Menurut TV pemerintah yang dikutip Al Jazeera, tiga benda terbang kecil yang tidak dikenal dicegat di dekat kota Isfahan tepat setelah pukul 4 pagi waktu setempat (00:30 GMT).

Sistem pertahanan udara Iran mampu mencegat dan menghancurkan benda-benda terbang tersebut, kata TV pemerintah.

Lokasi di provinsi Isfahan adalah sebuah pangkalan udara militer Iran yang merupakan milik angkatan darat negara tersebut, dan bukan milik Garda Revolusi.

Pangkalan ini menampung beberapa skuadron pesawat tempur F-14 Tomcat.

Fasilitas ini juga terletak di dekat bandara Isfahan dan sebagai akibatnya, para pejabat kini telah membersihkan langit Iran.

Baca juga: Posisi Yordania Terjepit Setelah Ikut Tembak Jatuh Rudal Iran

Penerbangan telah dibatalkan. Sistem pertahanan udara di atas kota Tabriz di bagian barat laut Iran juga telah diaktifkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com