Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moskwa Diserang Drone Ukraina Lagi, Bandara Vnukovo Terpengaruh

Kompas.com - 11/08/2023, 17:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Ibu Kota Rusia, Moskwa, kembali jadi sasaran serangan drone Ukraina.

Rusia pada Jumat (11/8/2023) mengeklaim, telah menghancurkan sebuah pesawat tak berawak atau drone Ukraina di pinggiran barat Moskwa. 

"Sore ini, upaya rezim Kyiv untuk melakukan serangan teroris dengan menggunakan drone di sebuah fasilitas di Moskwa berhasil digagalkan," kata Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari AFP.

Baca juga: 2 Drone Tempur Menuju Moskwa

Kementerian itu menambahkan, tidak ada kerusakan atau korban jiwa akibat insiden tersebut.

Serangan kali ini menjadi yang terbaru dari serangkaian serangan drone Ukraina terhadap Moskwa dalam seminggu terakhir.

Aman di awal-awal invasi Rusia ke Ukraina, Ibu kota Rusia telah mengalami lonjakan serangan dalam beberapa bulan terakhir.

"Drone itu dilumpuhkan secara elektronik dan jatuh di sebuah hutan di sebelah barat Moskwa," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Wali Kota Moskwa Sergei Sobyanin mengatakan, puing-puing drone Ukraina jatuh di tanggul Karamyshevskaya, tempat layanan darurat sedang bekerja.

Sementara itu, Kantor berita pemerintah Rusia, RIA Novosti, melaporkan Bandara Internasional Vnukovo untuk sementara waktu memberlakukan pembatasan setelah serangan drone Ukraina kali ini.

Baca juga: Rusia Tembak Jatuh Drone Ukraina di Moskwa

Pembatasan itu kemudian dicabut setelah berlaku sejam.

Pada hari sebelumnya, Kamis (10/8/2023), Rusia mengeklaim telah menjatuhkan dua drone yang sedang menuju Moskwa, sehari setelah dua pesawat tak berawak lainnya dihancurkan saat mendekat.

Pada awal bulan ini, sebuah blok perkantoran di distrik bisnis utama ibu kota Moskwa dihantam dua kali dalam beberapa hari oleh puing-puing dari serangan pesawat tak berawak yang jatuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com