Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Salju Semangka, Ubah Pegunungan Salju Utah Jadi Merah Muda

Kompas.com - 25/06/2023, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber UPI

 SALT LAKE CITY, KOMPAS.com - Gunung salju di wilayah Utah berubah warna menjadi merah, merah muda, dan jingga karena apa yang dikatakan para ahli sebagai fenomena yang disebut "salju semangka".

Pengunjung pegunungan Cache County mengambil foto yang menunjukkan rona yang tidak biasa pada salju yang tersisa.

Para ilmuwan mengatakan itu adalah fenomena alam yang disebabkan oleh ganggang hijau yang mekar, Chlamydomonas nivalis, yang ditemukan di pegunungan di seluruh dunia.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Salju Turun di Malaysia | Pengemis Buta Naik Mobil Mewah

"Ganggang salju menghasilkan pigmen yang menggelapkan sel-sel mereka, dan bertindak sebagai perlindungan terhadap UV, sehingga melindungi DNA mereka dan aspek lain dari organel mereka dari kerusakan karena mereka berada di tempat yang sangat terang," kata Hotaling kepada KTVX-TV, seperti dilansir dari UPI.

"Tetapi ganggang memiliki manfaat sekunder menyebabkan sel-sel mereka menyerap panas yang mencairkan salju di sekitar mereka yang memungkinkan mereka untuk benar-benar mengakses air karena, Anda tahu, kita berada di dunia air sekarang tetapi tidak ada bisa diakses,” ujarnya.

Para ilmuwan mengatakan awal tahun ini bahwa jumlah alga yang ditemukan di Amerika Serikat bagian barat dapat berkontribusi terhadap kondisi kekeringan.

Baca juga: Mayoritas Arab Saudi Diperkirakan Dilanda Badai Pasir dan Hujan Salju hingga Akhir Ramadhan

"Ada banyak bukti sekarang yang menunjukkan bahwa ganggang ini berkontribusi cukup signifikan terhadap pencairan keseluruhan tumpukan salju di sekitar Barat," kata Scott Hotaling, seorang profesor di Departemen Ilmu DAS di Universitas Negeri Utah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com