Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Pakai Kondom Saat Berhubungan Seks, Dubes Perancis Diselidiki

Kompas.com - 30/09/2020, 14:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Daily Mail

PARIS, KOMPAS.com - Seorang duta besar Perancis masuk dalam radar penyelidikan. Setelah dia diketahui tak pakai kondom saat berhubungan seks.

Si perempuan mengaku dia adalah korban "aksi penipuan", setelah bertemu si diplomat melalui sebuah aplikasi kencan dan menghabiskan waktu semalaman.

Sumber di internal penyelidik Perancis mengungkapkan, selama beberapa kali pertemuan, keduanya tidak terlibat dalam aktivitas seksual.

Baca juga: Polisi Vietnam Gerebek 324.000 Kondom Bekas yang Dicuci dan Dijual Lagi

Baru pada malam kejadian, mereka berhubungan seks. Saat itu, si wanita meminta si duta besar untuk memakai kondom saat bersetubuh.

"Tetapi saat berhubungan, dia menyadari pejabat itu tidak memakainya," jelas si sumber kepada harian Perancis bernama Le Point.

Dilansir Daily Mail Selasa (29/9/2020), si wanita yang tak disebutkan identitasnya itu melaporkan di diplomat tiga hari kemudian.

Sementara si sumber enggan mengungkapkan identitas si dubes, Le Point memberitakan bahwa dia bertugas di kawasan Timur Tengah.

Berdasarkan hukum Perancis, yang dimaksud pemerkosaan adalah penetrasi seksual yang dilakukan atas dasar paksaan, kekerasan, atau ancaman.

Tapi, belum ada untuk stealthing, yaitu ketika si pria melepaskan kondomnya saat berhubungan seks. Padahal pasangan memintanya.

Aksi tersebut disebut tidak hanya bisa menyebabkan momen seperti HIV atau penyakit menular seksual lainnya. Namun bisa menyebabkan kehamilan pada pasangannya.

Pada Januari 2017, pengadilan di lausanne, Swiss, menjatuhkan penangguhan 12 bulan penjara. Setelah dia diputus atas dakwaan pemerkosaan.

Sama seperti si duta besar, si pria Perancis dilaporkan mencabut kondom yang dipakainya tanpa pernah memberitahukan ke pasangannya.

Beberapa bulan kemudian, hukuman itu dikuatkan pada tingkat banding. Namun, dakwaannya diturunkan menjadi "tindakan seksual pada seseorang yang tak bisa ditolak".

Baca juga: Pasangan yang Ditangkap di Avanza Bergoyang Berkelit meski Ditemukan Kondom Bekas Pakai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com