Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Terbaru Sebut Pasien Virus Corona Bisa Menderita Kerusakan Tubuh Sepanjang Hidup

Kompas.com - 11/04/2020, 19:38 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - Pasien yang selamat dari penyakit COVID-19 yang diakibatkan oleh virus corona, masih dapat menderita kerusakan tubuh yang abadi, termasuk hati dan jantung, demikian temuan terbaru para peneliti.

Berbagai studi tentang pasien yang pulih dari China, tempat penyakit ini pertama kali muncul pada November 2019, menunjukkan gangguan fungsi hati dan jantung, menurut Los Angeles Times.

"Covid-19 bukan hanya gangguan pernapasan," kata Dr Harlan Krumholtz, seorang ahli jantung di Universitas Yale, kepada Los Angeles Times.

Baca juga: Sudoku dan Lord of The Rings Temani Boris Johnson Jalani Perawatan di RS

"Ini dapat mempengaruhi jantung, hati, ginjal, otak, sistem endokrin dan sistem darah."

Peradangan dari respons kekebalan tubuh telah berkaitan dengan penyakit stroke dan serangan jantung.

Para peneliti juga bertanya-tanya apakah virus corona yang menyebabkan Covid-19 dapat mungkin tertidur di dalam tubuh selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

Baca juga: Putin Naikkan Gaji Petugas Medis Garda Depan Covid-19 Setara Militer

Lalu kembali hidup, dengan cara yang sama, sebagaimana virus herpes yang menyebabkan cacar air dapat muncul kembali sebagai herpes zoster.

Dilansir dari Los Angeles Times, belum ada yang selamat dalam jangka panjang dari penyakit yang sama sekali baru ini. 

Di dalam sebuah penelitian di China, para ilmuwan memeriksa hasil tes darah dari 34 pasien Covid-19 selama rawat inap mereka.

Mereka yang selamat dari penyakit dengan gejala ringan dan berat. Para peneliti menemukan bahwa banyak tindakan biologis telah gagal untuk dapat kembali ke kondisi normal.

Yang mengkhawatirkan adalah data yang menunjukkan dari penelitian itu bahwa pasien yang tampaknya pulih ternyata masih terus mengalami gangguan fungsi hati.

Hal itu adalah kasus di mana setelah dites dua kali pasien dinyatakan negatif dari virus dan dipulangkan.

Di saat yang sama, ketika ahli jantung bersaing dengan efek langsung dari Covid-19 pada jantung, mereka bertanya-tanya berapa banyak kerusakan yang bisa bertahan lama.

Dalam studi awal pasien Covid-19 di China, gagal jantung terlihat pada hampir 12 persen dari mereka yang selamat, termasuk beberapa dari mereka yang tidak menunjukkan tanda-tanda gangguan pernapasan.

Baca juga: Wabah Covid-19, Pecinta Hewan di Saudi Kumpulkan Dana untuk Merawat Hewan Terlantar

Para dokter tentu terlalu sibuk merawat orang sakit akut untuk dapat memantau perkembangan sekitar 370.000 orang di dunia yang telah pulih dari Covid-19.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com