Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Tulis Esai ala Alumni Penerima Beasiswa LPDP

Kompas.com - 26/05/2024, 11:05 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap 2 akan dibuka mulai 19 Juni 2024 mendatang.

Apabila ingin mendapat beasiswa LPDP, calon peserta harus mengikuti beberapa tahapan seleksi seperti seleksi administrasi, substansi hingga wawancara.

Dalam proses seleksi pendaftar juga harus menulis esai sebanyak 1.500 hingga 2.000 kata yang menceritakan komitmen kembali ke Indonesia serta rencana kontribusi lanjutan di Indonesia setelah menyelesaikan studi.

Meski demikian, esai ini tidak memiliki aturan baku soal poin isi ataupun penulisan yang harus dipenuhi. Maka dari itu banyak pelamar LPDP merasa kebingungan untuk menulis esai yang baik sesuai keinginan panitia seleksi LPDP.

Baca juga: Pendaftaran LPDP 2024 Tahap 2 Dibuka 19 Juni, Cek Syarat Lengkapnya

Jika ingin bisa menulis esai dengan baik sesuai keinginan panitia seleksi LPDP, simak beberapa tips yang diberikan alumnus penerima beasiswa LPDP dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Elen Mengtan Kwandou, yang berhasil mendapatkan beasiswa ke Northeastern University, China.

Tips menulis esai beasiswa LPDP

1. Sarana komunikasi diri

Menurut Elen, menulis esai adalah sarana untuk mengomunikasikan karakter, kepribadian, dan rencana masa depan pelamar kepada penilai atau panitia seleksi beasiswa LPDP.

Saat mengomunikasikan tentang diri sendiri, harus menggunakan alur yang benar seperti tetap ada pengenalan, kepribadian dan, rencana masa depan.

2. Gunakan metode sandwich writing

Elen mengatakan, struktur esai yang efektif, seperti metode sandwich writing yang terdiri dari bagian introduction, body, dan closing adalah kunci menyampaikan pesan secara koheren dan menarik.

3. Gunakan bahasa yang menarik

Gunakan bahasa yang menarik saat kenulis esai akan menbuat panitia seleksi lebih mudah tertarik dengan pelamar beasiswa.

"Menghindari ungkapan tidak baku dan mengakhiri introduction dengan kalimat yang membuat pembaca penasaran untuk melanjutkan membaca," kata Elen dikutip dari laman resmi ITB, Jumat (24/5/2024).

Baca juga: Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2? Cek Tips Lolos Menulis Esai Ini

4. Demonstrasikan komitmen

Pada bagian body esai, menurut Elen, pelamar harus mendemonstrasikan komitmen mereka terhadap program studi yang dipilih.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com