Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Anggi, Jadi Lulusan Terbaik Fakultas Teknik UI di Usia 61 Tahun

Kompas.com - 12/03/2024, 11:41 WIB
Selina Damayanti,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) mengumumkan sejumlah wisudawan dengan predikat lulusan terbaik pada Wisuda FTUI yang berlangsung beberapa waktu lalu di Gedung FTUI. Mereka ialah Felix Yaman Kusuma (akademik S1), Rayhan Danendra Wiracalosa (nonakademik S1), dan Anggiat M Sihotang (akademik S2).

Anggiat M Sihotang yang lebih dikenal sebagai Anggi, berhasil menjadi wisudawan dengan predikat lulusan terbaik di FT UI kategori akademik pascasarjana S2 di usia 61 tahun. Anggi mengambil program studi S2 Pascasarjana Magister Manajemen Integritas Material.

Baca juga: Sosok Lulusan Terbaik Teknik UI, IPK 3,91 dan Raih Prestasi Internasional

Meski sudah pensiun, Anggi tidak ragu untuk mengambil pendidikan magister di umurnya yang sudah tidak lagi muda.

Anggi merasa dirinya suka belajar dan ingin beraktivitas setelah purna bakti.

“Yang pertama saya suka belajar, karena belajar kan tidak ada batas waktu,” ujar Anggi kepada Kompas.com.

Anggi merasa perlu memperkaya dirinya dengan ilmu akademis setelah menggeluti ilmu praktis selama 35 tahun di perusahaan.

Selain itu, Anggi mengaku suka berbagi. Berbagi ilmu kepada orang lain, berbicara dalam forum demi mengasah pikiran setelah pensiun bekerja.

Setelah pensiun bekerja dan lulus pendidikan pascasarjana, Anggi merasa waktu yang ia miliki lebih fleksibel. Anggi dapat menghabiskan waktunya dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada orang sekitar.

Walaupun terkesan sulit, Fakultas Teknik nyatanya memiliki peluang yang sangat baik di industri masa kini. Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan FTUI, Prof. Heri Hermansyah.

FT UI berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikannya supaya lulusannya dapat bersaing dengan lulusan engineering luar negeri.

Baca juga: Kisah Ayah dan Anak Lulus Bersama di UI, Raih S3 dan Predikat Cumlaude

“Strateginya ada banyak hal yang dapat dilakukan. Pertama SDM, di kampus kita harus bisa merekrut dosen yang bisa men-deliver pendidikan, kemudian adalah infrastruktur riset dan inovasi, dan jejaring, jadi kita harus memiliki hubungan komunikasi dan networking kepada universitas-universitas di dunia lainnya,” Ujar Dekan FT UI kepada Kompas.com.

Dengan ilmu-ilmu yang didapatkan di FT UI, lulusan FT UI diharapkan dapat pengalaman yang inspiratif seperti Anggi. Dapat berbagi ilmu dengan sesama dan menggunakan ilmunya dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com