Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Terbuka Buka Seleksi Mahasiswa Baru 2024, Bisa Kuliah Gratis

Kompas.com - 23/02/2024, 10:52 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftar penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 di Universitas Terbuka (UT) akan mendapatkan berbagai macam keuntungan.

"UT kembali bekerjasama dengan panitia SNPMB untuk menerima mahasiswa baru dengan skema beasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024," tulis keterangan resmi UT.

Calon mahasiswa yang berhasil lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa pendidikan selama delapan semester sepanjang mahasiswa tersebut memenuhi kinerja belajar minimum yang ditetapkan UT (keaktifan dalam tutorial dan capaian nilai mata kuliah).

Baca juga: 3 Beasiswa S1 Singapura 2024 yang Masih Buka, Tunjangan Rp 75 Juta

Selain itu mahasiswa juga akan mendapatkan Skema layanan berupa Sistem Paket Semester (SIPAS) Plus, dengan modus tutorial berupa Tutorial Tatap Muka dan/atau Tutorial Webinar.

Meski bisa mendapat kesempatan gratis biaya pendidikan selama delapan semester, mahasiswa tetap diminta untuk memenuhi kinerja belajar minimum yang ditetapkan UT. Mulai dari keaktifan dalam tutorial dan capaian nilai mata kuliah yang dijalani mahasiswa.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa dari UT bisa langsung mendaftarkan diri di SNBP 2024 yang dibuka sampai 28 Februari 2024.

Sebagai informasi, tidak semua program studi (Prodi) di UT bisa dipilih oleh calon mahasiswa di SNBP 2024.

Baca juga: Universitas Terbuka Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta? Ini Jawabannya

Berikut prodi yang bisa dipilih dalam SNBP 2024:

1. Pariwisata (Universitas Terbuka Jember)

  • Daya tampung SNBP 2024: 25 kursi

2. Ilmu Komunikasi (Universitas Terbuka Jember)

  • Daya tampung SNBP 2024: 25 kursi

3. Administrasi Bisnis (Universitas Terbuka Yogyakarta)

  • Daya tampung SNBP 2024: 25 kursi

4. Ekonomi Syariah (Universitas Terbuka Yogyakarta)

  • Daya tampung SNBP 2024: 25 kursi

5. Teknologi Pendidikan (Universitas Terbuka Kupang)

  • Daya tampung SNBP 2024: 25 kursi

6. Akuntansi Keuangan (Universitas Terbuka Kupang)

  • Daya tampung SNBP 2024: 25 kursi


Calon mahasiswa yang berdomisili di kota atau kabupaten wilayah kerja UT di wilayah Yogyakarta, Jember, dan Kupang bisa mendaftar prodi baru ini lewat jalur SNBP 2024.

Pendaftaran SNBP bisa dilakukan melalui laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun SNPMB yang sudah diregistrasi dan disimpan permanen.

Bagi siswa yang belum menyimpan permanen akunnya, saat ini panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) memberikan kesempatan lagi bagi siswa yang belum melakukan simpan permanen akun sampai 28 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com