Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara dan Syarat Daftar Sekolah Inspektur Polisi SIPSS Polri 2024

Kompas.com - 13/01/2024, 10:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran seleksi masuk Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) akan segera dibuka mulai 16 Januari 2024.

SIPSS adalah pusat pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan perwira Polri yang sudah menempuh jenjang pendidikan D4, S1, S1 Profesi dan, S2.

Lulusan SIPSS nantinya akan bertugas sebagai unsur pelaksana pendidikan pembentukan perwira Polri. Semua proses pendaftaran di SIPSS tidak dipungut biaya apapun.

Baca juga: Mau Masuk Akademi Militer? Cek Syarat Nilai dan Tinggi Badan

Adapun SIPSS Polri membuka sebanyak kuota sebanyak 100 calon perwira. Mereka yang lolos dalam SIPSS akan menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

Pendaftaran SIPSS nantinya akan dilakukan secara online. Berikut tata cara pendaftarannya yang dikutip dari laman resmi SIPSS:

1. Pendaftar membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website penerimaan.polri.go.id 

2. Pendaftar memilih jenis seleksi SIPSS pada halaman utama website (apabila peserta mengalami kesulitan dapat dibantu oleh panitia daerah)

3. Mengisi form registrasi yang berkaitan dengan identitas pendaftar, memasukkan NIK yang telah terdaftar di Disdukcapil, identitas orang tua dan keterangan lain sesuai format dalam website

Baca juga: Beasiswa S2 Ajinomoto 2024 Kuliah Gratis ke Jepang, Tunjangan Rp 228 Juta

4. Pendaftar wajib memberikan data yang benar dan akurat pada form registrasi online, mengecek dengan teliti data yang dimasukkan dalam form registrasi

5. Setelah berhasil mengisi form registrasi online selanjutnya pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi online beserta username dan password, yang selanjutnya digunakan untuk melakukan login menuju halaman dashboard pendaftar (berisi fitur untuk mengecek informasi perkembangan tahapan seleksi dan nilai seluruh tahapan seleksi yang diikuti oleh pendaftar)

6. Pendaftar akan mendapat hasil cetak form registrasi online yang digunakan untuk verifikasi di Polda setempat sebagai Panda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com