Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Startup Binaan UI Incubate, Langing Academy Luncurkan Kursus Daring Gratis AI dan Data

Kompas.com - 14/11/2023, 17:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Langing Academy, salah satu startup binaan program UI Incubate meluncurkan platform online course yang membahas Artifical Intelligence (AI) dan data.

Langing Academy sendiri merupakan bagian dari langing.ai, startup layanan AI dan data yang berfokus pada layanan edukasi dan peningkatan kompetensi bidang AI dan data.

Startup ini didirikan dua peneliti AI dan Natural Language Processing (NLP) dari Universitas Indonesia yaitu Muhammad Okky Ibrohim dan Prof. Indra Budi.

Muhammad Okky Ibrohim, CEO Langing Academy mengatakan, dirinya mendirikan platform online course ini setelah terinspirasi melihat masih sedikitnya online course berbahasa Indonesia yang berfokus pada pembahasan AI dan data dengan harga terjangkau.

Ia sendiri mengaku merupakan alumni program Bidikmisi (beasiswa pemerintah bagi siswa berprestasi namun kurang mampu) yang pernah berkuliah di kota kecil. 

Muhammad Okky Ibrohim mendapat kesempatan menjadi pengajar di kota besar di salah satu kampus terbaik di Indonesia yakni Universitas Indonesia serta berkuliah S3 di luar negeri.

"Saya melihat bahwa baik di kota kecil maupun kota besar Indonesia sama-sama punya talenta AI dan data, hanya saja sebagian besar terkendala fasilitas dan biaya belajar," ungkap Muhammad Okky Ibrohim.

"Sehingga harus ada yang menyediakan fasilitas belajar AI dan data yang terjangkau atau bahkan gratis namun tetap harus berkualitas," tegasnya.

Dalam peluncuran ini, Langing Academy menghadirkan empat course atau kursus dengan harga terjangkau dan satu course gratis yang dapat diakses selamanya.

Meskipun dapat diakses dengan harga murah, online course Langing Academy dibawakan oleh berbagai pakar AI dan data sangat berpengalaman di bidangnya masing-masing.

"Kami akan terus bekerja sama dengan berbagai pakar AI dan data untuk terus menambah course mengikuti tren perkebangan saat ini," ungkap Muhammad Okky Ibrohim.

"Selain itu, kami juga terbuka untuk para pakar, lembaga pendidikan, atau startup AI dan data yang ingin memberikan online course gratis di platform kami untuk kita bersama-sama membantu pemenuhan talentai AI dan data Indonesia," tutupnya.

Baca juga: Dukung Pertumbuhan Startup Asia Tenggara, Alibaba Cloud Luncurkan Program Startup Catalyst

Sebagai informasi, peluncuran Langing Academy dilaksanakan dalam acara Demo Day yang digelar UI Incubate di FX Mall Senayan Jakarta pada 14-15 November 2023.

Demo Day UI Incubate merupakan puncak dari kegiatan inkubasi berbagai startup yang telah menjalani pelatihan intensif, bimbingan, dan networking untuk mempresentasikan produk inovatif yang telah dikembangkan selama periode inkubasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com