Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Talenta Digital, Skilvul Dukung 342 Mahasiswa lewat "Skilvul #Tech4Impact"

Kompas.com - 10/10/2023, 21:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com – Skilvul, platform pendidikan teknologi, bekerja sama dengan Kemendikbudristekdikti selesai menggelar "Skilvul #Tech4Impact" yang merupakan bagian dari Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka Cycle 4.

Program ini mencakup empat jalur pembelajaran utama: Front-End Web Development, Back-End Web Development, Game Development, dan 3D Animation Development.

Program berlangsung selama lima bulan dari 17 Februari 2023 hingga 30 Juni 2023. Sebanyak 3.383 pendaftar dari berbagai universitas di seluruh Indonesia berpartisipasi dan setelah melalui seleksi ketat terpilih 342 mahasiswa dari beragam latar belakang, baik IT maupun non-IT.

“Esensi di balik program ini adalah mempersiapkan para generasi muda Indonesia untuk bisa mendalami bagaimana cara menjadi problem solver, menyelesaikan isu yang kompleks dengan pendekatan yang terstruktur, sehingga akhirnya bisa menyampaikan ide solusinya," jelas William Hendradjaja, Co-Founder & Chief of Business Skilvul (10/10/2023).

"Kami juga menyediakan wadah dimana mereka dapat saling berkolaborasi dan meningkatkan kreativitas. Kami pastikan bahwa melalui program ini, para peserta tidak hanya mendapatkan hard skill tapi juga esensi dari skill digital ini, yaitu menjadi problem solver,” tambahnya.

Puncak dari program ini adalah "Demo Day Skilvul #Tech4Impact" yang diselenggarakan dalam dua hari berbeda.

"Demo Day Game & 3D Animation Development" berlangsung pada 26 Juni 2023, sementara "Demo Day Front-End & Back-End Web Development" dilaksanakan pada 27 Juni 2023. Tim terpilih mempresentasikan ide solusi mereka secara langsung dan dinilai juri yang berasal dari lembaga pemerintah dan sektor industri.

“Program Skilvul #Tech4Impact benar-benar program yang berkualitas. Mulai dari tugas, hingga materi live session, semua benar-benar terancang rapi," ungkap Sakti Harahap salah satu peserta Trek Game Development.

"Saya sangat merasakan perubahan sebelum dan sesudah mengikuti program ini. Banyak hard skill dan soft skill yang saya dapat dari Skilvul #Tech4Impact, terima kasih Skilvul," tambahnya.

Selain memberikan pembelajaran kepada mahasiswa yang berhasil diterima dalam program ini, Skilvul juga memberikan Pelatihan Design Thinking bagi dosen pembimbing dari mahasiswa yang telah terpilih.

Baca juga: Lewat Kampus Merdeka, Indonesia Tingkatkan Kualitas Pendidikan

 

Sebanyak 52 dosen mengikuti pelatihan ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Skilvul #Tech4Impact.

Dari program Skilvul #Tech4Impact, telah dihasilkan 70 ide solusi inovatif dari 337 peserta.

"Skilvul berkomitmen untuk terus membantu mengembangkan bakat digital para mahasiswa Indonesia dan berharap dapat terus bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan pemerintah," tutup William Hendradjaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com