Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Indonesia Buka "Pre-University", Siswa Bisa Rasakan Kuliah di UI

Kompas.com - 04/10/2023, 09:00 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kamu yang memiliki mimpi berkuliah di Universitas Indonesia, kamu dapat mewujudannya melalui program Pre-University. Program ini diperuntukkan bagi siswa SMA/sederajat atau lulusan SMA yang mengambil gap year untuk merasakan kuliah di UI.

Program tersebut bertujuan memberikan pengalaman menjadi mahasiswa UI dan memahami program studi (prodi) yang akan dipilih saat berkuliah nanti.

Program yang dilaksanakan secara daring ini berlangsung selama satu semester atau 16 minggu. Program ini pertama kali dibuka pada Agustus 2022 dan peserta yang mendaftar mencapai 800 orang.

Baca juga: Biaya Kuliah S2 Ekonomi Bisnis UGM, Pendaftaran hingga 10 Oktober

Saat menjalani program, peserta harus mengumpulkan credit earning (SKS) yang dapat ditransfer menjadi SKS ketika menjadi mahasiswa UI.

Credit earning adalah SKS yang menjadi tabungan kredit mata kuliah peserta Pre-U sehingga saat di terima berkuliah di UI langsung ditransfer sebagai pemenuhan mata kuliah,” kata Astha Ekadiyanto, Direktur Center for Independent Learning UI.

Baca juga: Kuliah Gratis, Cek 12 Beasiswa S1-S3 Deadline Oktober 2023

Astha menjelaskan bahwa misalnya peserta sudah mengambil mata kuliah penulisan ilmiah dari Fakultas Psikologi saat Pre-U dan lulus dengan bobot 3 sks. Ketika peserta tersebut berhasil diterima di UI jurusan psikologi maka tidak perlu mengambil mata kuliah penulisan ilmiah lagi.

Dengan demikian, Pre-U ini dapat menjadi tabungan bagi calon mahasiswa yang kelak ingin berkuliah di UI.

“ Mata kuliah Pre-U yang ditawarkan melalui CIL UI akan terus bertambah, sehingga kelak tabungan kredit melalui Pre-U dapat mempersingkat masa studi dan mempercepat kelulusan pada program studi yang dipilih,” ungkap Astha.

Tahun ini, program Pre-U membuka pendaftaran pada 8 September-29 Desember 2023.

Alur Pendaftaran

  • Calon peserta mengunjungi website https://cil.ui.ac.id/
  • Calon peserta melihat daftar mata kuliah Pre-U yang tersedia
  • Mengunduh dan melengkapi berkas sanggup mengikuti program hingga selesai
  • Mendaftar di website ILISt dengan cara klik tombol daftar di sebelah tombol download surat penyelenggaraan Pre-U
  • Setelah klik daftar, peserta masuk ke website CIL https://cil.ui.ac.id/marketplace/login kemudian, lakukan pembuatan akun ILISt dengan Daftar Sebagai Mahasiswa Non-UI.
  • Mengisi biodata diri dan klik buat akun
  • Melakukan login dan mendaftar Pre-U
  • Mengisi informasi profil, klik program MBKM UI di sebelah kiri, dan klik pada menu bagian pertukaran mahasiswa untuk melakukan pendaftaran mata kuliah Pre-U

Informasi lebih lanjut, dapat mengakses cil.ui.ac.id

Baca juga: 10 Beasiswa S1-S3 ke Timur Tengah, Beri Biaya Kuliah-Tunjangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com