Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Persiapan Kuliah S1-S2, Terbuka bagi Pelajar dan Mahasiswa

Kompas.com - 19/09/2023, 14:01 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) membuka beasiswa persiapan studi lanjut jenjang S1 dan S2 melalui Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL).

PPSL adalah beasiswa nongelar yang didesain sebagai program afirmasi untuk perluasan akses kuliah dengan tidak dipungut biaya alias gratis.

"Kami undang siswa MA/SMA yang ingin kuliah untuk ikut Program Persiapan Studi Lanjut. Juga mahasiswa S1 yang akan melanjutkan kuliah S2," kata Kasubdit Ketenagaan Diktis, Ruchman Basori, dilansir dari laman Kemenag, Selasa (19/9/2023).

Ruchman mengungkapkan program ini dibuka lataran akses pendidikan tinggi warga Indonesia masih sangat rendah.

Baca juga: Beasiswa Chevening 2024 Dibuka, Kuliah Gratis Tanpa Batas Usia dan LoA

Berdasarkan survei LSI Denny JA pada Agustus 2023, mayoritas pendidikan masyarakat Indonesia hanya tamat SD ke bawah, yaitu 41,80 persen, tamat SMA/sederajat 30,50 persen, lalu tamat SMP/sederajat 19,90 persen.

"Sementara itu, lulusan D3 ke atas hanya 7,80 persen. Ini kontras dengan data warga berpendidikan tinggi di sejumlah negara maju, misalnya Kanada 56,27 persen, Jepang 50,50 persen, Israel 49,90 persen, Korea Selatan 46,86 persen, dan Inggris 45,96 persen," papar dia.

Beasiswa PPSL S1 ditujukan untuk siswa atau siswi berprestasi MA/MAK/Satuan Pendidikan Sederajat kelas 11-12. Sementara itu, PPSL S2 untuk mahasiswa S1 minimal semester 7 pada Tahun Akademik 2023.

Kasubdit Pengembangan Akademik Abdullah Faqih menjelaskan PPSL dirancang dengan pendekatan blended learning online. Artinya, penggabungan antara pendekatan asynchronous dan synchronous (online).

"Sehingga, peserta dapat mengakses materi pelajaran secara fleksibel sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ujar Abdullah.

Baca juga: Dua Bank BUMN Buka Beasiswa S1, Bantuan Biaya Kuliah dan Uang Saku

PPSL sendiri merupakan bagian dari program Beasiswa Indonesia Bangkit yang berlangsung satu semester.

Peserta akan mendapatkan beasiswa selama mengikuti program berupa living cost dan biaya pendidikan serta biaya lainnya.

Cakupan Beasiswa PPSL S1 dan S2 Kemenag 2023

  • Biaya program
  • Biaya hidup
  • Biaya tes bahasa TOEFL atau IELTS
  • Biaya paket data

Persyaratan Beasiswa PPSL S1 dan S2 Kemenag 2203

Pendaftaran terbuka untuk masyarakat umum (santri, siswa, mahasiswa), guru dan tenaga kependidikan binaan Kemenag, serta pegawai/ASN Kemenag yang memenuhi kriteria dan syarat pendaftaran berikut:

1. Warga negara Indonesia (WNI)

2. Siswa/siswi berprestasi MA/MAK/Satuan Pendidikan Sederajat kelas 11-12 untuk Program Persiapan Studi Lanjut S1, atau mahasiswa S1 (minimal semester 7) pada Tahun Pelajaran/Akademik 2023/2024 untuk PPSL S2

Baca juga: Beasiswa Bank BSI 2023 Dibuka, Bantuan Dana Rp 3 Juta dan Magang

3. Mendapat rekomendasi dari Kepala Satuan Pendidikan (bagi Siswa/Guru/Tenaga Kependidikan), Ketua Program Studi (bagi Mahasiswa/alumni PTK/PBSB), atau atasan tempat bekerja bagi Pegawai Kementerian Agama

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com