Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kampus di Jerman Tawarkan Kuliah Gratis, Lulus Bisa Dapat Visa Kerja

Kompas.com - 24/08/2023, 08:30 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meraih pendidikan pendidikan tinggi di universitas terbaik, apalagi bisa dijalani secara gratis di luar negeri, kini bukan sekadar impian.

Keinginan tersebut bisa kamu wujudkan dengan mencoba mendaftar di sejumlah kampus di Jerman. Selain membebaskan biaya pendidikan, Jerman terkenal dengan pendidikannya yang berkualitas baik serta biaya hidup yang terjangkau.

Berikut 3 kampus di Jerman yang menawarkan pembebasan biaya kuliah, dilansir dari lembaga bimbingan studi luar negeri Schoters Indonesia:

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

1. Technical University of Munich (TUM)

Universitas Teknologi Munich menduduki peringkat 1 di Jerman dan peringkat 50 menurut QS World University Rankings 2023.

Universitas yang terletak di Munich, Jerman ini menawarkan studi yang berfokus pada teknologi, ilmu alam, ilmu biologi, kedokteran, dan teknik.

2. Ludwig Maximilian University of Munich (LMU)

Universitas yang sudah berdiri sejak 1472 dan terletak di Munich, Jerman. Universitas ini menawarkan beberapa program akademik dalam bidang humaniora, ilmu sosial, ilmu alam, dan teknik.

LMU menduduki peringkat 2 di Jerman dan peringkat 54 di dunia menurut QS World University Rankings 2023.

Baca juga: 5 Negara Tawarkan Beasiswa dan Visa Kerja Mudah bagi Fresh Graduate

3. Humboldt University of Berlin (HU Berlin)

Terakhir, ada Universitas Humboldt Berlin. Universitas ini berfokus pada humaniora dan ilmu sosial.

Pada tahun 2023, universitas ini menduduki peringkat 3 di Jerman dan peringkat 71 di dunia menurut QS World University Rankings 2023.

Lulus bisa dapat visa kerja

Selain berkuliah, kamu juga berkesempatan untuk menimba pengalaman kerja di Jerman setelah lulus.

Kamu bisa menggunakan program visa Jerman, yaitu Ausbildung. Visa Ausbildung merupakan program pendidikan dan pelatihan profesi selama 3 tahun di Jerman.

Dalam pelaksanaannya, kamu akan belajar teori di sekolah kejuruan selama 2 hari dan kerja selama 3 hari. Peserta ausbildung biasanya disebut azubi.

Baca juga: Mahasiswi UGM Masuk Daftar 41 Peneliti Muda Penerima Beasiswa Bayer Jerman

Saat menjalankan Ausbildung di Jerman, 70 sampai 80 persen akan lebih banyak menekankan praktik sekaligus bekerja di perusahaan. 20 sampai 30 persennya kamu akan belajar teori.

Selama menjalani program ini, kamu akan berpindah-pindah departemen pekerjaan dari yang mudah hingga tanggung jawabnya besar.

Program Ausbildung ini setara dengan sekolah vokasi. Setiap azubi akan mendapatkan gaji sebesar 450-1.000 Euro atau setara dengan Rp 7 juta hingga Rp 16 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com