Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB University Buka Prodi Dokter, Ada Beasiswa Sebanyak Ini

Kompas.com - 05/08/2023, 14:53 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor atau IPB University, kini menyediakan beasiswa bagi mahasiswa baru yang mendaftar Prodi Dokter tahun 2023.

Dibukanya jurusan baru oleh IPB University ini, dibarengi dengan informasi pemberian beasiswa sebanyak 20 persen dari total kuota mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) IPB University.

Baca juga: 19 Beasiswa S1-S3 di Luar Negeri, Pendaftaran Agustus-November 2023

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof. drh. Deni Noviana.

“IPB University merupakan perguruan tinggi yang baru pertama kali menerima mahasiswa Prodi Dokter, Fakultas Kedokteran dengan total kuotanya sebanyak 50 mahasiswa tahun ini, jalur masuk yang dibuka hanya melalui Seleksi Mandiri Masuk IPB (SM-IPB). Untuk itu, kami akan mengalokasikan 20 persen kuota untuk mahasiswa FK IPB University dengan latar belakang ekonomi tidak mampu yang memenuhi syarat nilai,” jelas Prof Deni, dilansir dari laman IPB University.

Lebih lanjut, secara umum komposisi sebaran mahasiswa IPB University terdistribusi secara merata di 35 provinsi.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2023: Kuliah Gratis, Uang Saku Rp 16 Juta Per Bulan

Dari komposisi itu, sebanyak 40 persennya merupakan penerima beasiswa.

Ia menambahkan, beasiswa IPB University secara umum terbagi menjadi dua, berdasarkan prestasi dan berdasarkan latar belakang ekonomi.

“Kita punya peta secara umum dari berbagai jalur penerimaan. Khusus pembukaan FK IPB University yang hanya menerima jalur mandiri di tahun ini maka harus dialokasikan kuota untuk mahasiswa dengan ekonomi tidak mampu,” ucapnya.

Adanya kuota 20 persen ini merupakan amanat undang-undang bahwa setiap warga berhak mendapat akses pendidikan.

"Ini merupakan kesempatan bagi siapa pun siswa SMA yang mampu secara akademik. IPB University tidak melihat latar belakang ekonominya, tidak melihat daerah mana, silakan mendaftar,” imbuhnya.

Prof. Deni menerangkan, pemberian beasiswa berasal berbagai sumber pendanaan.

Salah satu programnya adalah Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Program ini memberikan prioritas kepada mahasiswa tidak mampu dan berlaku secara nasional.

“Selain itu, IPB University juga banyak bermitra dengan donatur pemberi beasiswa, seperti pemerintah daerah dan instansi swasta dari dalam dan luar negeri. Hingga kini ada sekira 63 lembaga donatur dengan total nilai Rp 112 miliar untuk beasiswa. Kami juga memiliki skema pencicilan UKT agar meringankan mahasiswa,” jelasnya.

Prof. Deni menyebut tahun ini IPB University mendapat kepercayaan untuk berkontribusi menghasilkan dokter di Indonesia.

Baca juga: IPB University Buka Prodi Dokter, Ini 5 Alasannya

“FK IPB University telah memenuhi standar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAMPT-Kes), sehingga kami yakin akan melaksanakan pendidikan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com