Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh Graduate, 9 Hal Ini Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 21/12/2022, 11:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengikuti proses rekrutmen pekerjaan sampai di tahap wawancara, maka harus dipersiapkan dengan baik dan matang.

Jangan sampai kamu membuat banyak kesalahan yang bisa berakibat fatal. maka dari itu, kamu harus menghindari beberapa hal sebelum melakukan wawancara kerja.

Melansir laman KitaLulus, saat proses wawancara kerja, HRD akan mempertimbangkan banyak aspek, salah satunya gestur tubuhmu.

Sebab, HRD bisa menentukan kamu layak diterima atau tidak. Terlebih di menit awal saat melakukan wawancara.

Baca juga: Lowongan Kerja BCA Multi Finance 2023 Khusus Fresh Graduate, Cek Cara Lamarnya

Jadi, bagi kamu terlebih fresh graduate harus memberikan kesan yang baik sejak di menit awal. Kamu juga harus menghindari beberapa hal ini.

Hal yang harus dihindari sebelum wawancara

1. Tidak persiapan

Jangan sampai kamu tidak persiapan. Sebab, kamu bakal mendapat banyak pertanyaan dari HRD yang menyangkut pengetahuan serta pekerjaan yang kamu lamar.

Jika tak mempersiapkan diri juga bisa membuat kamu tambah gugup dan sulit mengendalikan diri. Hingga akhirnya kamu kehilangan kesempatan untuk bisa meyakinkan HRD bahwa kamulah kandidat yang mereka cari.

2. Berpakaian yang tidak sesuai

Karena wawancara kerja, maka biasanya itu adalah sesi formal. Maka kamu harus bisa menyesuaikan pakaiannya. Ini menjadi salah satu bentuk penilaian HRD.

Namun seandainya kamu tidak yakin dengan bagaimana ketentuan pakaian yang mesti dikenakan, jangan ragu tanyakan sebelum wawancara.

Baca juga: Peluang Magang di Teguk Indonesia, Lamar dengan Mudah di Aplikasi KitaLulus

3. Datang terlambat

Sebenarnya, datang terlambat itu bukan sepenuhnya sesuatu yang salah. Sebab, ada hal lain di luar kendali. Tapi itu akan fatal jika kamu tidak memberi kabar jika datang terlambat.

Maka dari itu, jika sekiranya kamu akan terlambat saat di perjalanan, maka sebaiknya kabari HRD. Karena datang terlambat dan tidak memberi kabar, kamu akan dianggap memiliki kemampuan komunikasi yang rendah.

4. Terlalu 'PD'

Percaya diri memang perlu, tetapi kamu juga harus menghindari terlalu percaya diri. Sebab, jika berlebihan akan terlihat sombong.

Maka, tetaplah bersikap rendah hati dan tidak mengharapkan pujian. Akui pula kontribusi dari rekan kerja yang membuat kamu berhasil.

5. Berkata hal negatif

Jika kamu punya pengalaman buruk di tempat sebelumnya, maka itu harus dihindari untuk menceritakannya.

Jadi, menjelek-jelekkan pekerjaan lamamu adalah hal yang dihindari saat wawancara kerja. Tetap bersikaplah baik.

Baca juga: Perusahaan Biro Psikologi Buka Lowongan bagi Fresh Graduate, Lamar di Aplikasi KitaLulus

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com